Bangun Ekonomi Kreatif Melalui Media Sosial Ala Dosen IT Telkom Purwokerto

Dosen Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut Teknologi Telkom Purwokerto mendapatkan undangan dari BappedaLitBang Kabupaten Banyumas dalam acara Festival Kinerja Pembangunan Banyumas di Alun-alun Purwokerto beberapa waktu yang lalu.

Membangun Brand Dalam Media Sosial

Dalam acara tersebut Dosen DKV memberikan materi Membangun Brand dalam Sosial Media dikaitkan dengan ekonomi kreatif yang sedang digalakkan pemerintah dalam memajukan industri kreatif. Dewasa ini peran sosial media bukan saja sebagai media untuk menjalin relasi sosial didunia maya tapi merambah ke unsur persuasif sebagai sebuah media periklanan. Disini dosen DKV memberikan sebuah pemahaman bahwa dalam membuat sebuah brand/merek bukan melulu mengenai sebuah produk tetapi juga strategi kreatif yang berkaitan dengan visual yang nantinya akan mempersuaif orang dalam membeli sebuah produk tersebut.

Visual Branding

Pentingnya visual branding dalam penjualan juga dikemukakan oleh Pungky Febi Arifianto, M.Sn melalui projek makanan siap goreng melalui akun Instagram @ci.reng, sedangkan Elianna Gerda Pertiwi, M.Sn. mengungkapkan bahwa membuat sebuah usaha bisa berawal dari hobi dan keinginan dari diri sendiri.  Bagi dia produk adalah manifestasi dari sebuah desain dan solusi dari sebuah problem, ungkap pemilik akun Instagram @belek_art dalam presentasinya.

Acara yang berlangsung dari tanggal 25-26 November 2017 ini diikuti oleh berbagai macam UMKM yang ada dibanyumas, pameran kinerja pembangunan juga memamerkan inovasi pelayanan publik, pameran Krenova, Job Fair, Video Mapping Show, lokakarya/workshop, Festival Good Real, Coaching Clinic, Live Mural dan pentas seni. Selain itu juga digelar Lomba Pangripta Desa, Lomba Cipta Video, Lomba Fotografi dan Lomba Mewarnai.

Leave a comment