Tiga orang mahasiswa Institut Teknologi Telkom Purwokerto berikan pemahaman mengenai database kepada masyarakat Desa Tambakprogaten, Kabupaten Kebumen didampingi oleh salah satu Dosen Fakultas Teknologi Industri dan Informatika (FTII), Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP), pada hari Selasa (12/2).

Kegiatan yang dilakukan oleh tiga mahasiswa dan salah satu dosen FTII itu merupakan bagian dari pengabdian masyarakat, yang selalu rutin dilakukan oleh kampus ITTP.

Salah satu mahasiswa yang ikut dalam pengabdian masyarakat mengenai materi Database, Surya Adi Wiarto mengatakan, “Sebagai mahasiswa saya merasa senang bisa ikut andil dalam pengabdian masyarakat, materi yang diberikan oleh dosen selama mengikuti perkuliahan, diimplementasikan langsung terhadap masyarakat, saya senang dengan keadaan seperti itu. Menurut saya apabila ilmu yang kita dapatkan selama proses perkuliahan, apabila tidak dibagikan kepada yang membutuhkan, ilmu tersebut akan terbuang sia – sia, ditambah lagi antusias peserta  yang mengikuti materi database di Desa Tambakprogaten sangat meriah sekali, ini membuat saya dan teman – teman bersemangat sekali untuk berbagi ilmu dan pengetahuan. Semoga kedepannya saya bersama teman – teman bisa ikut kembali dalam pengabdian masyarakat yang diadakan oleh kampus,” katanya.

Pendataan Buruh TKI

Tim pengabdian masyarakat Institut Teknologi Telkom Purwokerto menerima berbagai keluh kesah yang menjadi permasalahan dalam melakukan pendataan data buruh TKI pada Sistem Informasi Desa mereka.

Menurut Kepala Desa Tambakprogaten yang diwakilkan oleh perangkat Desa Syaiful mengatakan, bahwa hal yang menjadi permasalahan di Desa kami terletak pada belum teraturnya database mengenai penduduk, salah satunya adalah pendataan buruh yang menjadi TKI belum terintegrasi dengan sistem yang dimiliki oleh desa, sehingga ini menghambat proses validasi integrasi data antara desa dengan dinas. Timbulnya perbedaan data di setiap instansi, dan kurang baiknya pemilahan data sering muncul. Adanya kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh kampus Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) mengenai materi database sangat membantu sekali, kami sekarang perlahan sudah mengerti dan mudah – mudahan bisa cepat diimplementasikan di Desa kami. “Saya berharap kegiatan ini hanya sampai disini, semoga kedepannya kampus ITTP bisa datang dan sharing bersama kami lagi,” katanya.

Dosen pembimbing Tri Ginanjar Laksana S.Kom., M.Kom., menjelaskan, “Antusias masyarakat yang ikut sangat tinggi, sebagian besar didominasi oleh laki-laki, perempuannya sedikit, mungkin mereka sedang ada kegiatan lagi ya.” Materi yang disampaikan mengenai database, ini menyesuaikan dengan kebutuhan dari masyarakat Desa Tambakprogaten yang kesulitan dalam mengintegrasikan dan memvalidasi data yang masuk, terutama data para buruh yang bekerja di luar negeri, semoga materi yang kami sampaikan bisa bermanfaat serta dapat diimplementasikan sebagai bentuk pemecahan masalah yang tengah dihadapi oleh mereka, jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *