Pemahaman mengenai dunia virtual di era perkembangan teknologi yang super cepat ini perlu ditingkat secara terus menerus, hal ini disebabkan banyak dari masyarakat, khususnya yang berada di Indonesia sangat mudah untuk dipengaruhi oleh beberapa berita yang belum teruji kebenarannya.

Konsumsi media berbasis digital virtual yang sekarang ini menjadi trendsetter di semua kalangan masyarakat merupakan salah satu faktor penyebab dari mudahnya masyarakat mendapatkan informasi – informasi yang belum benar keasliannya, mereka seakan mudah terbawa arus sehingga mereka mempercayai pemberitaan tersebut.

Kerja Bakti Bersama

Pada hari Juma’t (13/4) bertempat di Lapangan Desa Kracak, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas. Rektor bersama Wakil Rektor I, III serta Dosen Institut Teknologi Telkom Purwokerto mengikuti acara Kerja Bakti Bersama yang diselenggarakan oleh pihak Polres Banyumas.

Dalam acara tersebut pihak kampus diberikan kesempatan untuk menyampaikan pembelajaran mengenai pengetahuan berinternet dengan bijak, dan bertanggungjawab. Pembelajaran ini diikuti oleh hampir seluruh masyarakat yang berada di sekitar wilayah Desa Kracak, mulai dari ibu – ibu, anak – anak, dan bapak – bapak.

Pengetahuan Berinternet

Kerja Bakti Bersama

Pemberi materi pengetahuan berinternet Achmad Zaki Yamani, S.T., M.T., menyampaikan bahwa dalam era teknologi modern ini banyak sekali persebaran – persebaran informasi yang tidak bertanggungjawab, salah satunya ketika kita mendapatkan pemberitahuan pemenang yang diiming – iming hadiah yang menggiurkan, sehingga masyarakat dengan mudahnya mempercayai bahkan membayar DP atau uang jaminan yang nominalnya sangat tinggi, secara tidak sadar itu merupakan Hoax atau berita yang belum pasti kebenarannya, tuturnya.

Perlu ada keberanian dari masyarakat untuk meningkatkan kemampuan mereka ketika berinternet atau berada dalam dunia virtual. Salah satu yang bisa ditempuh dalam meningkatkan berinternet agar lebih sehat dan bermanfaat adalah bisa dengan cara membangun bisnis berbasis online, misal menjual camilan di media sosial, tambah Achmad Zaki selaku pemateri.

Kerja Bakti Bersama

Rektor Institut Teknologi Telkom Purwokerto Dr. Ali Rokhman M.Si., menyampaikan beberapa pesan kepada masyarakat yang mengikuti kegiatan pembelajaran, “salah satu kunci dari berinternet agar tidak mudah untuk dipengaruhi bisa dilakukan dengan cara lebih teliti dan memahami karakteristik dari pesan yang diberikan kepada kita, jangan mudah untuk terpengaruh oleh pemberitaan – pemberitaan yang kebenarannya belum tentu pasti benar”, tutupnya.

Leave a comment