Salah satu dosen Institut Teknologi Telkom Purwokerto Novanda Alim Setya SS S,Hum., sukses menjadi Duta Baca Jawa Tengah tahun 2018. Dia dinobatkan sebagai duta baca setelah melalui persaingan ketat dalam gelaran Pemilihan Duta Baca yang diadakan oleh Dinas Perpustakaan Jawa Tengah di Semarang, pada beberapa pekan lalu.

Dosen ITTP Jadi Duta Baca

Novanda Alim Setya SS M.Hum mengatakan bahwa untuk dinobatkan menjadi Duta Baca harus bersaing dengan 10 nominator yang terbaik yang telah dijaring dari rangkaian seleksi seperti administrasi, essai, dan program kerja duta baca. Dari 10 orang nominator tersebut, mereka harus bersaing untuk merebut perhatian dari tiga orang juri dengan melakukan persentasi/paparan profil diri, visi misi, program kerja, dan rencana ke depan jika terpilih menjadi duta baca di hadapan dewan juri dan para penonton. Dewan juri yang berasal dari perguruan tinggi ternama di Jawa Tengah sangat antusias dan kritis dalam mendengarkan dan mengikuti program paparan dari para nominator, katanya.

Program Bunda Baca

Dia juga menjelaskan selama proses penilaian oleh dewan juri, saya berbicara mengenai program kerja yang telah saya buat sebelum dilaksanakannya pemilihan duta baca. Salah satu program kerja saya adalah program pemberdayaan terhadap 25 orang ibu – ibu melalui kegiatan “Bunda Baca”, dimana setiap hari Senin dan Jumat pagi sebelum senam aerobik dimulai, ibu – ibu diajak untuk melaporkan hasil bacaan dari buku yang mereka pinjam. Kegiatan seperti ini sudah saya terapkan sejak tahun 2014, di Desa Wisata Adiluhur, Kecamatan Adimulyo. Selain kegiatan “Bunda Baca” saya membuat program kegiatan dengan nama “Pojok Baca” yang dipusatkan di Kampung Wisata Inggris Kebumen (KWIK). Sebagai Dosen Bahasa Inggris saya juga membuat program kunjungan di perpustakaan kampus saya (Institut Teknologi Telkom Purwokerto) yaitu “Sapa perpustakaan” dan “Novel Review”, jelasnya.

Dosen ITTP Jadi Duta Baca

Rektor Institut Teknologi Telkom Purwokerto Dr. Ali Rokhman M.Si., mengucapkan selamat dan terimakasih untuk saudara Novanda telah mengharumkan sekaligus mengenalkan kepada pihak eksternal, bahwa kita memiliki kompetisi dan SDM yang tidak kalah hebat dengan Perguruan Tinggi Favorit, terutama yang berada di Provinsi Jawa Tengah. “Saya yakin kedepannya Civitas Akademika bisa terus berkembang dan bersaing dengan perguruan tinggi ternama, khususnya yang berada di lingkungan terdekat (Barlingmascakeb). Dengan semangat dan dukungan dari semua pihak, Institut Teknologi Telkom Purwokerto akan terus melompat tinggi dan bersinergi dengan masyarakat yang berada disekitar lingkungan instansi,” ucapnya.

Leave a comment