Sebanyak 20 Dosen Institut Teknologi Telkom Purwokerto ikuti pelatihan PEKERTI (Program Dasar Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional). Pelatihan tersebut bertempat di LP3M (Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu) Universitas Jenderal Soedirman, Jumat (21/9).

Pelatihan Pekerti

Narasumber dalam pelatihan PEKERTI semuanya berasal dari Universitas Jenderal Soedirman. Mereka membimbing para dosen Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) dari awal hingga akhir pelatihan.

Salah satu narasumber kegiatan PEKERTI Prof. Tri Lisiani Prihatinah S.H., M.A., Ph.D mengatakan, untuk kegiatan pelatihan program dasar peningkatan keterampilan dasar teknik instruksional ini akan digelar selama lima hari disetiap miinggunya selama lima minggu, tepatnya diselenggarakan setiap hari Jumat. Semangat dari teman – teman dosen Institut Teknologi Telkom Purwokerto sangatlah tinggi ya, ini ada faktor usia sepertinya. Kebanyakan dosen ITTP di dominiasi oleh yang muda – muda, sehingga wajar saja kalo mereka semangatnya sangat berapi – api. Semoga mereka tidak jenuh dengan penyampaian materi yang disampaikan oleh para narasumber. “Kita harus terus berproses untuk mencapai keselarasan dengan tujuan dari kita sebagai pengajar, untuk selalu membimbing para mahasiswa untuk berpikir kritis dan kreatif pastinya,” katanya.

PEKERTI Meningkatkan Kompetensi

Narasumber selain Prof. Tri, Dr. Abdul Aziz Nasihuddin, S.H., M.M., M.H., menjelaskan, pelatihan PEKERTI ini adalah untuk mengasah teman – teman dosen baru untuk terus meningkatkan kompetensi yang dimilikinya. Dengan pelatihan seperti ini setidaknya bisa memberikan gambaran mengenai beberapa strategi yang tepat dalam menyampaikan bahan ajar kepada mahasiswa. Seperti yang kita ketahui bersama, mahasiswa di era milenial sekarang ini sangat terpaku dengan perkembangan digitalisasi yang ada di dunia virtual/maya. Perlu untuk kita agar terus meningkatkan kompetisi kita agar bisa diterima dan diimplementasikan kembali oleh para mahasiswa, jelasnya.

Pelatihan Pekerti

Peserta yang juga dosen program studi S1 Sistem Informasi Yosita Dwiyani S S.Pi M.Si megungkapkan, pelatihan pekerti yang digelar hari ini dan akan berlanjut di setiap hari Jumat selama 5 Minggu kedepan, sangatlah membantu sekali bagi kami para dosen pemula untuk meningkatkan kompetensi mengajar kita terhadap mahasiswa. Narasumber juga selalu menuntun kami untuk selalu berpikir kreatif dan inovatif dalam merencanakan suatu bahan ajar. Semoga kami bisa terus mengikuti kegiatan seperti ini, karena sangat bermanfaat sekali. “Kami sangat berterimakasih sekali atas bantuan dari para narasumber, kami harapkan narasumber tidak bosan untuk saling bertukar pikiran dengan kami,” ungkapnya.

Leave a comment