Fenomena media sosial sekarang ini tengah menjadi tren di kalangan masyarakat. Mulai dari anak – anak hingga dewasa disibukkan dengan menggunakan media sosial. Bertempat di Panti Asuhan Darul Hadlonah, Kebondalem, Purwokerto. Dosen dibantu oleh mahasiswa Institut Teknologi Telkom Purwokerto mengadakan sosialisasi sekaligus mengenalkan media sosial terhadap anak – anak panti untuk digunakan dan dimanfaatkan sebaik mungkin, baru – baru ini (30/6).

Pengmas Media Sosial

Dalam penjelasan yang disampaikan oleh Emi Iryanti, S.ST., M.T., “Generasi muda saat ini, perilaku dalam menggunakan media sosial sangat beragam tujuannya. Ada yang digunakan untuk mencari jati diri, ada juga yang menggunakan media sosial untuk promosi diri (eksis). Anak – anak panti asuhan Darul Hadloh cenderung sudah memanfaatkan media sosial dalam kesehariannya. Ini menandakan bahwa memang media sosial telah berkembang pesat di semua kalangan masyarakat. Kondisi seperti ini harus terus diawasi oleh orang dewasa, karena sangat berbahaya jika tidak ada pengawasan lebih dari orang dewasa ketika generasi muda menggunakan media sosial,”jelasnya.

Media Sosial Pro dan Kontra

Dia menambahkan, sebagai dosen yang bekerja di Institut Teknologi Telkom Purwokerto “Media sosial saat ini masih menjadi pro dan kontra di masyarakat, ada yang mendukung, ada juga yang tidak mendukung adanya media sosial tersebut. Salah satu manfaat yang bisa diambil adalah media sosial bisa membentuk sikap yang kritis. Orang – orang akan berbondong – bondong bertindak kritis jika ada suatu trending topic, mereka dengan reaksi alamiahnya akan memberikan komentar mengenai kejadian yang menjadi tranding topic. Contohnya, fenomena bowo alpenlibel. Banyak dari semua kalangan masyarakat yang berkomentar baik maupun negatif. Anak – anak panti asuhan Darul Hadlonah ternyata sangat familiar dengan fenomena bowo alpenlibel, karena hampir semua anak di panti asuhan memiliki smartphone,” tambahnya.

Pengmas Media Sosial

Hj. Endang Susyawati pimpinan Panti Asuhan Darul Hadlonah sangat berterimakasih atas kedatangan dari pihak kampus Institut Teknologi Telkom Purwokerto. “Kami sudah lama menantikan pihak – pihak akademisi yang memiliki konsentrasi dalam pemanfaatan teknologi datang ketempat kami. Kebetulan sekali civitas akademika ITTP mau mengadakan pelatihan sekaligus sosialisasi mengenai media sosial yang harus dimanfaatkan secara bijak oleh generasi muda. Sangat berkesan sekali, sekaligus bangga dengan keberadaan kampus ITTP sebagai salah satu perguruan tinggi swasta di Purwokerto yang mengedepankan riset mengenai teknologi informasi dan komunikasi,” jelasnya.

Leave a comment