ITTELKOM-PWT.AC.ID – Dosen Teknik Industri IT Telkom Purwokerto belum lama ini (26/10), melakukan Pengmas (Pengabdian Masyarakat) di Desa Pancasan, Kecamatan Ajibarang Banyumas. Dalam kesempatan ini dosen selaku narasumber berdiskusi dengan masyarakat sekitar membahas mengenai teknologi Hydram (Hydraulic Ram Pump).

Dalam pengabdian masyarakat yang diadakan di Desa Pancasan turut hadir Rektor Institut Teknologi Telkom Purwokerto Dr. Ali Rokman M.Si., Dosen tamu dari SES (Senior Expert Service) Jerman Prof. Dr. -Eng Benhard Gulck, serta Rotary Club Internasional Cabang Banyumas, salah satu komunitas yang bergerak dalam bidang sosial dan siap untuk memberikan donasi dalam pengembangan teknologi tersebut.

Hydram atau lengkapnya disebut dengan Hydraulic Ram Pump merupakan teknologi yang ramah lingkungan, karena dalam sistem kerjanya tidak membutuhkan energi yang bersumber dari listrik, dan BBM (Bahan Bakar Minyak). Sistem bekerja dengan maksimal karena murni dari tekanan aliran deras air yang mengalir, dan memompa kembali menuju bak penampungan air.

“Teknologi Hydram sebenarnya sudah banyak diimplementasikan di daerah-daerah yang memiliki debit air banyak atau dekat dengan mata air. Cara kerja hydram sangat ramah lingkungan, untuk mengaktifkannya secara maksimal adalah dengan adanya arus air secara maksimal, sehingga energi yang dihasilkan cukup untuk menekan air ke bak penampungan nantinya,” ungkap Aswan Munang S.T., M.Eng., salah satu narasumber dalam Pengmas.

Hydram pump yang digunakan masyarakat pancasan yang tergabung dalam Kelompok Pengguna Air Bersih, umur hydram pump di desa Pancasan masih tergolong masih baru. Ada beberapa komponen yang harus terus dikembangkan dan diperbaiki. Hydram pump sendiri terdiri dari Sembilan bagian utama : Pipe Enlargement, Ram Body, Pressure Tank, Waste Valve, Delivery Valve, Pressure Gauge, Spring Coil, Safety Valve. Diakhir kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen ITTP adalah kampus Institut Teknologi Telkom Purwokerto selalu terbuka untuk bersama – sama  mengembangkan teknologi hydram pump melalui pelatihan bersama masyarakat Desa Pancasan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *