PURWOKERTO – Directorate Higher Education menyelenggarakan Workshop Peningkatan Kualitas Penelitian Lemdikti, Tata Kelola Institusi, Sistem Penjaminan Mutu dan Pengembangan Sistem Informasi. Workshop ini berlangsung selama dua hari, Kamis-Jumat (21-22/12/2017) di Kawasan Pendidikan Telkom Purwokerto. Acara tersebut dibuka oleh Direktur Higher Education, Drs. Sumrahadi, M.M. dan diikuti oleh 34 peserta yang terdiri dari YPT, Tel-U, IT Telkom dan Akatel.

Sebagai wujud menuju ketercapaian World Class University, salah satu yang harus diperhatikan adalah publikasi ilmiah berkualitas yang terindex dalam SCOPUS. Workshop ini juga membina keterampilan dalam penulisan publikasi ilmiah dan textbook menggunakan LaTex. Hal ini diperlukan untuk meningkatkan penulisan publikasi ilmiah dosen Lemdikti di lingkungan Yayasan Pendidikan Telkom. “Kita harus memanfaatkan kegiatan ini untuk menunjang penelitian dosen-dosen yang saat ini masih banyak diperlukan. Disamping itu kita juga harus memotivasi agar para dosen dapat meningkatkan jabatannya dari AA ke  Lektor dan yang  Lektor ke Lektor Kepala” kata Dr. Ali Rokhman, M.Si selaku Rektor IT Telkom Purwokerto.

Workshop hari pertama menghadirkan Ketua Research Center Adwitech,  penemu jaringan 4G LTE. Dr. Khoirul Anwar.  Beliau  dikenal sebagai penemu dari teknologi jaringan 4G yang berbasis OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing).  Materi yang disampaikan berupa cara penulisan Publikasi Ilmiah dan Textbook menggunakan LaTex, Pengembangan Budaya Riset, Penyusunan Rencana Riset Institusi, Fakultas dan Kelompok Keahlian.

Workshop hari kedua  diisi oleh Dr. Ir. Heroe Wijanto, M.T. selaku VP HESP dengan materi Sistem Tata Kelola Institusi, Penjaminan Mutu Institusi dan Pengelolaan Lembaga Kelompok Keahlian. Sumrahadi menambahkan “Workshop kali ini bukan sekedar wacana dan memperoleh ilmu pengetahuan saja, tapi harus di implementasikan dan dapat bermanfaat untuk pengembangan institusi”. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menjaga terpeliharanya website resmi lemdikti dengan baik dan peningkatan webometrics untuk mewujudkan Smart Campus dalam pencapaian World Class University

Leave a comment