Sebagian Dosen Institut Teknologi Telkom Purwokerto tengah melakukan kegiatan pelatihan Reviewer PKM (Program Kreativitas Mahasiswa), pada hari Rabu (11/7). Pelatihan Reviewer PKM bertempat di gedung DC 102 Kampus Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Jl. D.I Panjaitan No. 128, Purwokerto.

Reviewer PKM

Pelatihan Reviewer PKM dipandu oleh Endang Budiasih M.T., Ketua Program Perkuliahan Dasar dan Umum (PPDU) Telkom University. Dimana beliau memiliki banyak pengalaman dan pemahaman mengenai PKM (Program Kreativitas Mahasiswa).

Tumbuhkan Minat dan Kreativitas Mahasiswa

Menumbuhkan minat dan kreativitas mahasiswa sangatlah membutuhkan waktu yang sangat panjang. Tidak semua mahasiswa tertarik untuk melakukan kegiatan seperti mengikuti PKM (Program Kreativitas Mahasiswa).

“Salah satu yang bisa menumbuhkan minat mahasiswa dalam Program Kreativitas yaitu melatih secara dini mengenai penulisan – penulisan proposal berdasarkan pada pengetahuan dan minat yang muncul dari mahasiswa – mahasiswi, sehingga tidak ada unsur paksaan yang bisa membuat mahasiswa cenderung malah tidak peduli dengan PKM (Program Kreativitas Mahasiswa), serta bisa ditumbuhkan dengan cara Dosen memberikan dan siap menjadi problem solver ketika mahasiswa-mahasiswi mengalami kebuntuan dalam menulis proposal Program Kreativitas Mahasiswa tersebut,” jelas Endang Budiasih M.T., dalam mengantarkan materi mengenai menjadi reviewer PKM yang baik.

Dia menambahkan, bahwa dengan adanya pelatihan seperti ini bisa memperlihatkan sejauh mana peran dosen sebagai fasilitator mahasiswa dalam proses penulisan proposal penulisan PKM, yang setiap tahun sering diselenggarakan dan dibiayai oleh Kementerian Riset, Teknologi, Pendidikan dan Perguruan Tinggi, tambahnya.

Pelatihan Reviewer PKM

Menurut salah satu peserta Pelatihan Reviewer PKM yang juga Dosen S1 Rekayasa Perangkat Lunak ITTP Aditya Wijayanto S.Kom M.Sc mengatakan “Kegiatan mengenai pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa yang diselenggarakan sekarang ini, menurut saya sangat positif. Selain melatih kita menjadi reviewer PKM yang baik, juga melatih kejeliaan kita terhadap penulisan – penulisan proposal PKM, apakah dalam penulisan dan ide tersebut menarik atau tidak, serta menonjolkan sisi kreativitasnya ataukah tidak,” jelasnya.

Pelatihan ini memang mengharuskan, serta melatih reviewer (dosen) dalam mendorong mahasiswa-mahasiswi untuk menyalurkan ide – ide kreatifnya, sehingga menjadi kebiasaan yang positif.

Leave a comment