Mahasiswa kampus Instiut Teknologi Telkom Purwokerto kembali menunjukan kebolehannya. Mereka lolos dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan (PKM-K) dengan membuat inovasi, yaitu menciptakan produk GISI (Grombyang Instan Siap Saji) dan didanai langsung oleh Kemristekdikti (Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi).

Yankotinu Al Qod’r Jonnata, Salsabila Wijayanti, Muhammad Yusuf Mardiyanto, Norma Yuki Pratika, merupakan mahasiswa yang membuat produk Gisi tersebut.

Rektor Institut Teknologi Telkom Purwokerto Dr. Ali Rokhman M.Si., mengatakan keberhasilan rekan – rekan mahasiswa ini merupakan kebanggan bagi kami dan seluruh sivitas tentunya. Mudah – mudahan dengan lolosnya kalian menjadi salah satu motivasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus beriovasi, berkreatifitas menciptakan gagasan, maupun produk yang belum orang lain sama sekali tidak terpikirkan. Terus dikembangkan produk ini, karena saya rasa jika terus dikembangkan produk Gisi memiliki potensi untuk bisa bersaing dengan produk lainnya, terutama jika produk ini ditambahkan inovasi secara digital. Ini sesuai dengan tujuan dan slogan kampus kita sebagai kampus digital, katanya.

Salsabila Wijayanti ketua pencipta produk Gisi (Grombyang Instan Siap Saji) menjelaskan, awal mula kami menciptakan produk ini berawal dari pengalaman kuliner di daerah kami (Kabuptaen Pemalang). Grombyang merupakan makanan khas daerah Pemalang dan menjadi makanan primadona disana, jika kalian pergi ke Pemalang pasti banyak yang menjual makanan ini. Menurut masyarakat sana sih, kata Grombyang memiliki arti dalam bahasa jawa adalah bergoyang karena dalam penyajiannya Grombyang disajikan dengan nasi dan kuah yang lebih banyak sehingga terlihat bergoyang-goyang isinya. Untuk produk Gisi yang kami buat ini isinya ada daging sapi, bawang goreng, bumbu, dan srundeng. Petunjuk atau cara memasak kami sampaikan di luar kemasan, sehingga orang akan mudah untuk menyajikan Gisi ini. Pemasaran yang kami lakukan sekarang ini melalui dua cara, yaitu memasarkan melalui media online, website dan berjualan door to door kepada konsumen. Media online konsumen bisa melihat produk di instagram dengan akun @grombyang_gisi, jelasnya.

“Saya sangat senang sekaligus bangga dengan pencapaian anak bimbingan saya. Mereka sudah berusaha secara maksimal, Alhamdulillah dengan semangatnya mereka masuk dan dibiayai oleh Dikti untuk bidang PKM-K (Program Kreativitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan). Semoga keberhasilan mereka bisa diikuti dan menjadi inspirasi mahasiswa lainnya untuk terus melakukan kreativitas dan berinovasi,” ungkap Dosen Pembimbing Citra Wiguna S.Kom., M.Kom.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *