Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HMSI) Institut Teknologi Telkom Purwokerto pada hari Sabtu (29/9), menggelar seminar Public Speaking dengan tema Speak Now or Never. Acara tersebut bertempat di Gedung Internet of Things (IoT) 101-103, kampus Institut Teknologi Telkom Purwokerto.

Seminar Public Speaking ini merupakan hasil kolaborasi antara mahasiswa S1 Sistem Informasi bersama pihak Fakultas Teknologi Industri dan Infomatika (FTII). Dalam acara seminar Public Speaking dihadiri dan dibuka secara simbolis oleh Rektor Institut Teknologi Telkom Purwokerto, didampingi Dekan FTII dan para kaprodi yang ada di Fakultas Teknologi Industri dan Informatika.

Public Speaking Speak Now or No

Ketua Program Studi (Kaprodi) S1 Sistem Informasi S. Thya Safitri, S.T., M.T. dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan seminar nasional ini merupakan hasil dari ide mahasiswa Sistem Informasi. Harapannya adalah dengan kegiatan ini mahasiswa terbiasa berbicara di depan umum, dan memiliki tata cara bertutur baik dan benar. Untuk peserta yang ikut dalam seminar Public Speaking sangat banyak sekali, tercatat ada 201 peserta di data, tetapi yang datang menghadiri ada 188 peserta yang mengikuti kegiatan. Ini menandakan bahwa mahasiswa Institut Teknologi Telkom Purwokerto telah sadar betapa pentingnya memiliki keterampilan berbicara di depan umum, dengan kemampuan yang baik dan benar, katanya.

Public Speaking Penting

Public Speaking Speak Now

Rektor Institut Teknologi Telkom Purwokerto Dr. Ali Rokhman M.Si., mengatakan, Public Speaking di era zaman milenial sekarang ini sangatlah dibutuhkan sekali, terutama untuk para mahasiswa. Orang sukses selain memiliki kemampuan baik dalam segini akademisi, belum tentu bisa berbicara secara lancar di depan umum, kadang mereka merasakan rasa gugup yang tinggi, sehingga kondisi gugup tersebut menggagalkan usaha mereka untuk bersaing dengan competitors. Sehingga seminar yang diadakan sekarang ini adalah kegiatan yang sangat positif sekali untuk diikuti, ini adalah modal utama kalian untuk bisa bersaing dengan orang lain ketika telah berada dalam dunia persaingan mendapatkan pekerjaan. Saya berharap kalian bisa mengikuti kegiatan seminar ini hingga akhir, karena akan banyak sekali ilmu yang bisa di dapat, serta bisa langsung diimplementasikan dalam kegiatan sehari – hari.

Public Speaking Speak Now

Narasumber seminar public speaking Yosefien Kumala Ratna mengungkapkan, menjadi Public Speaking susah – susah gampang, kenapa? Karena dalam public speaking membutuhkan literasi kata yang baik dan keberaniaan untuk tampil di depan umum. Seorang speaker tidak akan sukses apabila mereka tidak mau berproses, inilah salah satu kegagalan bagi insan manusia apabila tidak memiliki kemampuan dalam Public Speaking. Tujuan utama ketika melakukan public speaking adalah untuk berkomunikasi secara baik dengan orang lain yang telah dikenal kita maupun belum dikenal oleh kita, serta bisa menumbuhkan rasa kebersamaan dan pastinya akan mempererat tali silaturahmi dengan sesama individu manusia lainnya, ungkapnya.

Leave a comment