Lembaga riset S1 Informatika (Informatics Research Club/IRC) bersama Himpunan Mahasiswa S1 Sistem Informasi (HMSI) Institut Teknologi Telkom Purwokerto menggelar pelatihan ICT “Mentoring Programming Batch 1″. Kegiatan ini diselenggarakan di kampus ITTP ruang DC 102, mulai dari tanggal 15 Mei 2018 hingga 31 Mei 2018.

IRC dan HMSI

Kegiatan yang dilakukan bertujuan untuk menumbuhkan semangat mahasiswa dan mahasiswi dalam membangun literasi teknologi di luar perkuliahan. Melalui pelatihan ini mereka sangat memungkinkan untuk saling bertukar pikiran dengan dosen – dosen yang memiliki pengalaman dalam pengembangan ICT khususnya.

Dosen yang terlibat dalam pelatihan ICT ini adalah Ade Rahmat Iskandar, S.Kom., M.T., Muhammad Fajar Sidiq S.T., M.T., dan Muhammad Nur Faiz, S.Kom., M.Kom. Ketiga Dosen Institut Teknologi Telkom Purwokerto tersebut diplot sebagai tentor bagi mentor yang berasal dari mahasiswa dan mahasiswi yang di dominasi dari Fakultas Teknik Informatika dan Industri khususnya prodi Teknik Informatika.

Tumbuhkan Semangat Mahasiswa

IRC dan HMSI

Ade Rahmat Iskandar S.Kom., M.T., menjelaskan “Kegiatan ini harus tetap dipertahankan bahkan baiknya rutin diadakan. Karena menurut saya dengan adanya mentoring programming batch 1 seperti ini, kami selaku dosen mengetahui kondisi mahasiswa dan mahasiwi mengenai sejauh mana literasi teknologi dan informasi yang mereka sudah miliki selama mereka mengikuti perkuliahan. Sehingga dengan kami mengetahui seberapa besar potensi mereka dalam literasi teknologi yang di dapat dari perkuliahan, kami bisa secara sekaligus menyeleksi mahasiswa untuk dijadikan sebagai asisten praktek,” jelas Dosen S1 Teknik Informatika sekaligus tentor Mentoring Programming Batch 1.

Sedangkan menurut Muhammad Nur Faiz, S.Kom., M.Kom., menyampaikan bahwa “Kegiatan Mentoring Programming Batch 1 bertujuan untuk membentuk mahasiswa dan mahasiswi dalam meningkatkan kemampuan mereka dalam berteknologi, sehingga diharapkan output dari terselenggaranya kegiatan ini, banyak mahasiswa dan mahasiswi bersemangat untuk mendedikasikan ilmu dan pengetahuannya dengan menjadi asisten praktek (asprak),” jelas Dosen S1 Teknik Informatika tersebut.

IRC dan HMSI

Kegiatan ini berjalan lancar dan juga kondusif sampai akhir acara. Salah satu mahasiswa S1 Teknik Informatika Hilman Singgih Wicaksana mengatakan bahwa pelatihan dan Mentoring Programming Batch 1 ini sangat memotivasi kami para mahasiswa dalam menyalurkan serta mengembangkan kemampuan kami dalam mengimplementasikan pengetahuan ICT yang di dapat dari proses perkuliahan, jelasnya.

Leave a comment