ITTELKOM-PWT.AC.ID – Institut Teknologi Telkom Purwokerto melalui Fakultas Telekomunikasi dan Elektro sepakat untuk melakukan proses kerjasama dalam bidang penelitian. Kedua lembaga sepakat untuk mengembangkan teknologi sensor di bidang ilmu dan teknologi kebumian. Proses kerjasama berlangsung pada hari Selasa (1/10) di kantor Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI Bandung.

Perjanjian kerjasama ditandatangani oleh kedua pimpinan tertinggi, IT Telkom Purwokerto diwakili oleh Dr. Anggun Fitrian selaku Dekan Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro (FTTE), dan dari LIPI diwakili oleh Dr. Eko Yulianto selaku Kepala Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI.

“Dilakukannya kerjasama bersama Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI merupakan salah satu komitmen kami untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas dari penelitian yang dilakukan oleh para dosen dengan kewajiban mereka salah satunya adalah melakukan kegiatan penelitian. Harapannya untuk dosen, agar dapat melakukan kolaborasi penelitian baik untuk pengembangan kepakaran dosen, untuk persiapan studi lanjut ataupun untuk mendapatkan hibah–hibah penelitian eksternal. Sedangkan untuk mahasiswa, dapat memfasilitasi magang dan topik tugas akhir atau skripsi mahasiswa,” jelas Dekan FTTE Dr. Anggun Fitrian Isnawati.

Perjanjian kerjasama antara kedua lembaga bertujuan untuk meningkatkan hubungan kelembagaan antara dua belah pihak untuk dapat saling menunjang dalam Peningkatan Sumber Daya Manusia dan Tridharma Perguruan Tinggi serta Pengembangan Ilmu dan Teknologi Kebumian.

Kepala Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI Dr. Eko Yulianto mengatakan, ini adalah langkah awal yang sangat baik bagi kedua lembaga. Kita tahu bahwa pengembangan dari ilmu pengetahuan dan penelitian akan selalu berkembang dari waktu ke waktu. Salah satunya pengetahuan mengenai sensor ilmu dan teknologi kebumian, perlu untuk melakukan pengembangan melalui penelitian, agar didapatkan inovasi terbaru, yang fokus pada Early Warning System (Sistem peringatan dini terhadap bencana). “Semoga terjalinnya kerjasama dengan IT Telkom Purwokerto bersama lembaga kami, akan membangun tradisi yang sangat baik dalam bidang pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) unggul di bidang penelitian khususnya. Kami juga sangat terbuka bagi para mahasiswa IT Telkom Purwokerto untuk ikut bergabung bersama kami melalui proses magang kerja selama 6 bulan,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *