Bertempat di aula Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan, Kabupaten Berebes. Dosen Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) lakukan pemberian atau pembekalan mengenai pemanduan wisata berbasis ICT, pada hari Rabu (1/8).

Winduaji

Acara tersebut diikuti oleh semua masyarakat Desa Winduaji, mulai dari anak – anak, pemuda, sampai orang tua sekalipun. Semua mengikuti acara sampai acara selesai.

Tingkatkan Antusias Masyarakat

Dosen S1 Teknik Informatika yang menjadi pemateri dalam acara tersebut Ginanjar Tri Laksana S.Kom M.Kom., menjelaskan, bahwa antusias dari masyarakat di Desa Winduaji dalam meningkatkan kapasitas SDM (Sumber Daya Manusia) menuju Desa Wisata yang berkarakter sangatlah tinggi. Mereka sadar bahwa menuju desa wisata berkarakter perlu perbaikan di beberapa titik, dimana dalam perbaikan tersebut salah satunya dengan cara menemukan unsur – unsur lain yang berpotensi, oleh karena itu sekecil apapun itu selagi memiliki potensi untuk dikembangkan, harus terus dimunculkan ke permukaan. Sehingga dengan memunculkan beberapa potensi tersebut, kemungkinan besar akan menciptakan terobosan besar seperti membuat paket wisata secara langsung untuk para wisatawan. Diharapkan dengan adanya paket wisata ini bisa menaikan daya tarik wisatawan untuk menghabiskan waktunya di kawasan wisata Desa Winduaji ini, jelasnya.

Winduaji

Dia menambahkan, “Saya selaku pengajar (dosen) yang memiliki ketertarikan dalam bidang pengembangan masyarakat merasakan, potensi dari masyarakat Desa Winduaji dalam mengembangkan dan membesarkan kawasan wisata sangat tinggi. Pantas saja mereka pada tahun 2018 menjadi juara 2 Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisara) tingkat provinsi sebagai desa wisata. Ini menjadi modal utama yang harus terus dikembangkan. Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) akan selalu mendorong berkembangnya Desa Winduaji sebagai desa wisata, karena desa winduaji juga masuk dalam desa binaan ITTP,” tambahnya.

Desa Winduaji adalah desa yang sedang berkembang pada saat ini, khususnya dalam mengembangkan destinasi wisatanya. Terdapat beberapa wisata unggulan disana. Salah satunya adalah waduk penjalin, dan potensi ikan betutu.

Leave a comment