Seluruh civitas akademika Institut Teknologi Telkom Purwokerto tengah sibuk menghadapi audit eksternal yang dimulai dari hari ini (2/8) hingga jumat (3/8) mendatang, guna mendapatkan ISO 9001:2015. Pembukaan audit eksternal dilakukan di Gedung IoT (Internet of Things) lantai 1, Kamis (2/8).

Audit Eksternal

Dalam sambutannya, Rektor Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) Dr. Ali Rokhman M.Si., menjelaskan bahwa adanya penyelenggaraan audit eksternal yang dilakukan oleh URS Services Indonesia terhadap semua komponen yang ada di ITTP, mulai dari manajemen sampai pada pelayanan akademik bertujuan untuk mendorong Institut Teknologi Telkom Purwokerto menjadi Perguruan Tinggi yang professional dan bermutu tinggi, karena memiliki sekaligus menggunakan ISO (International Organization for Standaridzation) sebagai acuan dari penjaminan mutu, jelasnya.

Identifikasi Resiko

Dia juga menyampaikan “Menjadi organisasi dengan mutu tinggi bisa dilakukan dengan cara selalu melakukan identifikasi masalah sekecil apapun itu permasalahan yang dapat menjadi resiko terhadap lembaga. Identifikasi resiko di kampus bisa dilakukan dengan cara mengindentifikasi mulai dari permasalahan dari internal (dosen), sampai pada pelayanan akademik mahasiswa. Ini harus selalu dilakukan. Kita disini bukan hanya mengejar dengan keberhasilan mendapatkan sertifikat ISO, tapi bagaimana kita bisa bersinergi dalam berbagai aspek untuk terus bekerja sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan dan juga menjaga kekompokan agar tetap solid dalam menghadapi berbagai resiko yang akan timbul di lembaga,” ungkapnya.

Audit Eksternal

Auditor Eksternal dari URS Service Indonesian Noviana Ika menjelaskan, bahwa Institut Teknologi Telkom Purwokerto satu – satunya lembaga pendidikan di Purwokerto yang menggunakan ISO sebagai standarisasi menjamin mutu lembaga. Sebagai salah satu perguruan tinggi dan Institut Teknologi pertama di Provinsi Jawa Tengah, saya melihat SDM di ITTP sudah kompak dan solid, terbukti dari adanya ISO 9001:2008 yang dipakai sebagai pedoman dalam penjaminan mutu lembaga sebelumnya. “Selama beberapa hari (2-3 Agustus 2018) kami akan berada di ITTP untuk melakukan audit, semoga lancar sampai akhir dan ITTP mendapatkan sertifikat ISO 9001:2015,” jelasnya.

Audit Eksternal

Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) memang saat ini memiliki standarisasi berdasarkan pada ISO 9001. ISO itu sendiri merupakan salah satu wujud bahwa kampus ITTP mempunyai penjaminan mutu yang baik. Dari segi pelayanan dan sistem kelembagaannya.

Leave a comment