Teknologi di era revolusi tingkat empat ini memang menjadi   perbincangan hangat yang tidak ada habisnya. Pembahasan mengenai permasalahan – permasalahan yang timbul akibat adanya perkembangan teknologi di masyarakat selalu menarik untuk diikuti perkembangannya, hal ini kita lihat dari adanya pola perilaku masyarakat yang mengkonsumsi teknologi smartphone secara tidak mengenal waktu penggunaan. Mereka seakan terhipnotis dengan keberadaan smartphone, tiap jam, menit, detik mereka tidak akan terlepas dari smartphone.

Pada hari Selasa (27/3) bertempat di kampus Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Jalan D.I Panjaitan No. 128, Purwokerto, kedatangan tamu dari pihak Polres Banyumas. Kapolres Banyumas AKBP Bambang Yudhantara Salamun, S.I.K bersama rombongan datang ke kampus pada siang hari diiringi cuaca mendung yang tak bersahabat. Dalam kunjungannya beliau menyanjung keberadaan IT Telkom Purwokerto sebagai perguruan tinggi yang serba komplit dan memiliki suasana kampus yang kondusif dan tentram dengan di dukung fasilitas teknologi yang mumpuni.

Digital Literasi

Edukasi Masyarakat

Beliau juga menyampaikan ketertarikan pada program kampus mengenai program literasi digital ke desa – desa, dia mengatakan bahwa secara konsep sangat menarik untuk dikolaborasikan dengan program dari kepolisian, dimana secara sadar kita sebagai lembaga pengayom dan menjaga ketertiban di masyarakat personil kami belum cukup untuk membahas kaitannya dengan perkembangan teknologi, oleh karena itu dengan adanya program ini sangat membantu pihak kepolisan dalam memberikan edukasi teknologi yang kian hari kian berkembang pesat dan tidak bertanggung jawab, terutama sebentar lagi akan berlangsung PILKADA (Pemilihan Kepala Daerah). Jika kita bisa bersinergi dengan IT Telkom Purwokerto kita setidaknya bisa menangkal berita Hoax yang marak terjadi, jelasnya.

Dr. Ali Rokhman, M.Si., selaku Rektor IT Telkom Purwokerto sangat menyambut baik dengan adanya keikutsertaan pihak kepolisan dalam menyukseskan program literasi digital yang rencananya akan dilakukan di desa-desa yang berada di Kabupaten Banyumas, kata dia.

Inspirasi Program

Edukasi Masyarakat

Edukasi Masyarakat

Ketua pelaksana program tersebut Zaki menjelaskan, program ini merupakan program yang terinspirasi dari kejadian memilukan di Bulukumba, menurut dia program ini diharapkan menjadi salah satu faktor perubahan di masyarakat agar bijak dalam menggunakan smartphone terutama dalam memanfaatkan media sosial, pungkasnya.

Leave a comment