ITTELKOM-PWT.AC.ID – Akhir pekan lalu (1/11), Mahasiswa Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Teknik Elektro (FTE) mengikuti kuliah umum bersama Pusat Penelitian (PP) Geoteknologi LIPI yang langsung datang ke Kampus Institut Teknologi Telkom Purwokerto. Sebanyak 136 orang mahasiswa memadati Gedung TT 104-105. Turut hadir Dekan FTE, didampingi wakil dekan dan dosen – dosen FTE, serta narasumber dari PP Geoteknologi LIPI.


“Kegiatan kuliah umum yang diselenggarakan sekarang adalah salah satu bentuk kerjasama kami dengan PP Geoteknologi LIPI, yang sebelumnya telah dilakukan penandatanganan kerjasama di Bandung belum lama ini. Semoga mahasiswa bisa termotivasi untuk terus mengembangkan diri mereka,” jelas Dekan FTE Dr. Anggun Fitrian I., M.Eng.

Dalam kegiatan kuliah umum narasumber Dr. Ir. Adrin Tohari M.Eng, menjelaskan mengenai teknologi– teknologi yang digunakan untuk memantau bencana alam, salah satunya adalah bencana tanah longsor.
Tanah longsor yang merupakan perpindahan material pembentuk lereng berupa batuan, bahan rombakan, tanah, atau material campuran bergerak ke bawah lereng akibat hujan, gempa bumi atau aktifitas manusia. Di era yang serba teknologi, sistem pemantauan bencana tanah longsor sudah bisa dijalankan secara otomatis, dan dapat dipantau dari jarak jauh bahkan bisa menggunakan sistem komputerisasi dan gawai pintar.
“Teknologi yang dikenalkan kepada mahasiswa adalah teknologi sistem pemantauan bahaya tanah longsor berbasis jaringan sensor nirkabel atau dikenal juga dengan LIPI WISELAND (Wireless Sensor Network for Landslide Monitoring),” jelas Adrin.

Saat ini teknologi Wiseland terus dikembangkan oleh LIPI, dan telah dapat dikembangkan untuk pemantauan ancaman longsor jangka panjang, ancaman longsor jangka pendek, dan pemantauan longsor untuk kebutuhan personal.


“Setelah mengikuti kegiatan kuliah umum, saya memiliki keinginan untuk melakukan hal yang sama seperti bapak – bapak peneliti dari LIPI, sangat menginspirasi. Semoga kegiatan serupa bisa diselenggarakan kembali,” ungkap Salsabila.

Adapula dalam kegiatan kuliah umum tersebut turut hadir Kepala Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI Dr. Eko Yulianto.

“Kami sangat senang sambutan hangat dan semangat teman – teman mahasiswa ITTP. Semoga materi yang disampaikan oleh narasumber kami bisa membuka jendela pengetahuan teman – teman,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *