Game Tokoh Nasional

Satu lagi mahasiswa Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) Fathurifki Elvarianto Gamal, berhasil membuat game edukasi tokoh pahlawan nasional berbasis android. Dia perkenalkan secara langsung kepada civitas akademika ITTP pada hari Kamis di kampus Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Jalan D.I Panjaitan No 128, Purwokerto Selatan.

Game Tokoh Nasional

Fathurifki Elvarianto Gamal, mahasiswa dari program studi S1 Teknik Informatika Fakultas Teknik Industri dan Informatika, menjelaskan game edukasi pengenalan tokoh nasional ini karena saya terinspirasi dari perjuangan keras para leluhur dalam merebut kemerdekaan dan menegakkan kedaulatan Republik Indonesia. Selain itu pemanfaatan game pada era millennial sekarang ini, masih hanya sebatas untuk hiburan semata. Sebenarnya game sendiri bisa digunakan untuk edukasi bagi anak-anak, ada sebuah studi dimana multimedia adalah sebuah teknologi yang digunakan guru untuk mengajar anak didiknya agar pembelajaran lebih efektif. Ada manfaat yang diberikan dari game edukasi sendiri karena learning by doing lebih efektif ketimbang anak-anak membaca sebab daya tangkap bisa diraih sebesar 5% dari apa yang didengar, 20% dari multimedia dan 80% dari apa yang dilakukan, jelasnya.

Kekaguman Terhadap Pahlawan Bangsa

Dia menambahkan, selain di latarbelakangi oleh kekaguman saya terhadap perjuangan para pahlawan bangsa, serta pemanfaatan game yang semakin meningkat di era millennia. Diciptakan permainan ini adalah sebagai wujud dari kami civitas akademika ITTP dalam menjembatani masyarakat untuk mengenal teknologi informasi dengan konsep unik, “bridging technology for humanity”, tambahnya.

Game Tokoh Nasional

Dosen pembimbing aplikasi permainan tokoh nasional yang diciptakan oleh mahasiswa ITTP, Tri Ginanjar Laksana M.Si., M.Cs. menjelaskan selama proses pembuatan aplikasi saudara Fathur adalah mahasiswa yang memiliki jiwa kreatif dan inovatif. Game Edukasi Tokoh Nasional berbasis android dibuat dengan konsep yang disesuaikan dengan kebutuhan zaman sekarang ini. Karena apabila aplikasi disesuaikan dengan momentum yang tepat akan berdampak baik di masyarakat yang luas ini. Mengusung permainan yang bertujuan untuk mengedukasi menjadi nilai tambah pada nantinya, karena semakin hari kebutuhan dari masyarakat akan mulai terus terintegrasi kepada teknologi, khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang diprediksi akan terus berkembang. Harapan yang besar muncul apabila permainan edukasi tokoh nasional bisa diterima dengan baik oleh masyarakat, dan tentunya harus terus dikembangkan terus agar aplikasi semakin digemari, jangan cukup hanya sampai pada pencapaian yang sudah diraih sekarang ini, jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *