Perkembangan perangkat teknologi di era millennia sekarang ini sangatlah beragam bentuk dan fungsinya. Adanya revolusi teknologi 4 membuat beragam perangkat lunak dan keras, khususnya dalam teknologi informasi dan komunikasi.

Sebut sajah perkembangan dari teknologi handphone menuju smartphone (Ponsel Pintar), komponen dalam perangkat tersebut pastilah akan berbeda pada setiap generasinya, karena adanya proses pengembangan perangkat oleh seorang ahli atau pakar dalam pengembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Teriknya hari yang dihiasi dengan hamparan langit berwarna biru, Selasa (3/4) bertempat di kampus IT Telkom Purwokerto, Jln D.I Panjaitan , Purwokerto. Mahasiswa – mahasiswi dari D3 Teknik Telekomunikasi diberikan kesempatan penuh untuk mengembangkan dan mengasah kemampuan mereka untuk membentuk rangkaian transitor dan analog, dimana rangkaian tersebut berguna sebagai dasar untuk membangun suatu jaringan berbentuk perangkat keras (hardware) terlebih dahulu.

Memahami Transitor

Rangkaian Transitor dan Analog

Secara pengertian dasar, transitor itu bisa disebut juga sebagai komponen penghubung, kenapa bisa disebut seperti itu?, karena transitor itu merupakan salah satu bagian dalam sistem perangkat jaringan yang aktif untuk digunakan sebagai media perantara, biasanya transitor terbuat atau dibuat dari bahan semikonduktor. Sehingga transitor sering diibaratkan sebagai sebuah dioda, yang berarti bahwa transitor diciptakan dari adanya persambungan antara bahan semikonduktor-N dengan semikonduktor-P yang disusun menurut kombinasi NPN atau PNP, jelas Zaenal Arifin, salah satu dosen D3 Teknik Telekomunikasi menjelaskan.

Kondisi ini juga dapat dikatakan bahwa beberapa jaringan tidak akan terhubung ketika tidak adanya sistem kerja dari beberapa transitor dan analog yang terdapat dalam suatu alat atau perangkat.

Mahasiswa di Era Millenia

Rangkaian Transitor dan Analog

Imam Syaiful salah satu asisten pratikum, ditemui langsung di tempat praktikum laboratorium TETD (Teknik Elektro dan Teknik Digital) berpendapat bahwa mahasiswa – mahasiswi di era millennia sekarang ini dituntut untuk selalu mengasah skill yang mereka dapat ketika kuliah, salah satu caranya dengan praktikum secara langsung, salah satunya yang tengah dikerjakan mahasiswa sekarang. Ini merupakan salah satu tindakan kami dalam mengembangkan pengetahuan tentang perangkat jaringan, diharapkan dengan adanya praktikum bisa membuat semangat mahasiswa untuk selalu berkarya, ungkapnya.

Rangkaian Transitor dan Analog

Ini adalah kesempatan yang bagus bagi mahasiswa, terutama saya sebagai mahasiswi tingkat satu dalam mengenal beberapa komponen jaringan yang sebelumnya belum saya ketahui, dengan adanya praktek langsung ini sangatlah membantu dan menunjang juga dalam meningkatkan kemampuan, jelas Sania salah satu Mahasiswi D3 Teknik Telkomunikasi IT Telkom Purwokerto.

Leave a comment