Teknologi tanpa memahami dan mengetahui kemampuan dalam menganalisa beberapa kelemahan yang timbul akan berdampak pada kegagalan sistem pembentuk di dalam teknologi itu sendiri. Peningkatan kualitas pastilah akan dibutuhkan ketika teknologi itu akan dikembangkan untuk disiapkan di masa sekarang dan kelak di masa yang akan mendatang.

Rangkaian Pencacah dan Register

Meningkatkan kualitas perlu beberapa pemahaman lebih yang ternyata hanya bisa di dapat ketika seorang individu belajar dari hal sederhana sampai pada hal yang sangatlah luar biasa.

Beberapa pengetahuan di era millennia sekarang memang terkesan mudah untuk didapatkan, akan tetapi yang menjadi permasalahan ketika belajar secara mandiri terkesan tidak lebih efektif, dan lebih baik mengembangkan di tempat yang memang memiliki fasilitas dan pembimbing professional, sehingga output yang diharapkan akan sesuai keinginan, bertanggung jawab pastinya.

Rangkaian Pencacah (Counter)

Perangkaian pencacah (counter) yang tengah dilakukan oleh mahasiswa dan mahasiwi Institut Teknologi Telkom Purwokerto di Laboratorium TETD (Teknik Elektro dan Teknik Digital), Rabu (4/4). Kegiatan tersebut merupakan bagian dasar atau awal untuk membentuk sistem teknologi yang lebih besar pada nantinya.

Rangkaian Pencacah dan Register

Rangkaian pencacah ini terbentuk dari pemahaman dari pola flip flop, dimana pola ini menanamkan pola rangkaian digital yang digunakan untuk menyimpan satu bit secara semi permanen sampai ada suatu perintah untuk menghapus atau mengganti isi dari bit yang disimpan, jelas Alfaria Mahasiswi S1 Teknik Informatika.

Rangkaian Pencacah dan Register

Dia menambahkan bahwa rangkaian pencacah merupakan rangkaian yang memiliki kemampuan untuk menghitung jumlah pulsa (pulse) masukan, misal dalam rangkaian jam digital, timbangan digital. Keduanya menggunakan sistem teknologi dengan rancangan pencacah, karena secara serempak dengan satu sumber clock dengan susunan flip flop secara pararel, kata dia menambahkan.

Rangkaian Register

Rangkaian Pencacah dan Register

Setelah memahami dan membentuk rangkaian pencacah dalam menyempurnakan sistem teknologi tersebut perlu membentuk rangkaian register. Syaiful salah satu asisten pratikum menjelaskan, tahap rangkaian pencacah haruslah dilengkapi dengan rangkaian register, karena ini saling berkaitan satu sama lainnya. Di dalam sistem digital misalnya, rangkaian register pada umumnya digunakan untuk menyimpan data sementara kemudian diproses dan diganti dengan data yang baru. Ada dua cara untuk menyimpan dan mengambil data dari rangkaian register yaitu dengan cara parallel dan serial yang berarti secara parallel data teridiri dari beberapa bit dimasukkan atau dikeluarkan dari rangkaian register secara serempak, sedangkan serial berarti bit demi bit dari data yang dimasukkan atau dikeluarkan secara tersususun, ungkapnya.

Leave a comment