Dalam rangka menyambut Dies Natalis yang ke-17, kampus Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) yang dalam kesempatan ini dipercayakan kepada panitia RG Fest mengadakan Pameran dan Lomba Internet of Things (IoT). Pameran dan lomba IoT diadakan di depan gedung DC (Digital Convergent) dan gedung IoT (Internet of Things) belum lama ini.

Salah satu panitia RG Fest Indra Maulana Mabrun mengatakan, kegiatan yang diadakan kali ini melibatkan pihak dari luar (eksternal) untuk mengikuti kegiatan pameran dan juga perlombaan IoT. tahapan yang wajib dilakukan oleh para peserta adalah menyiapkan beberapa komponen untuk membuat alat, kemudian dipamerkan dengan melakukan persentasi terlebih dahulu di depan para juri yang sudah ditunjuk oleh panitia. Setelah dipersentasikan, peserta diperbolehkan untuk memarken alat ciptaannya di stand yang telah disediakan oleh para panitia, jelasnya.

“Acara pameran dan perlombaan Internet of Things (IoT) berjalan dengan lancar tanpa ada kendala yang berarti,  para peserta pun antusias mengikuti kegiatan ini. Untuk waktu penyelenggaraannya sendiri, perlombaan dan pameran IoT dilaksanakan selama satu hari full (18 Juni 2019). Tujuan dari pelaksanaan lomba dan pameran IoT itu adalah kita harus melihat revolusi industri 4.0 adalah titik dimana kita lagi gencar – gencarnya menyiapkan diri untuk menghadapi pasar ASEAN, bahwa teknologi di masa yang akan datang bakal menjadi utama dari segi kehidupan kita, misalnya saja adalah mematikan sebuah tv masih menggunakan remote dan kedepan secara otomatis akan mati dengan sendirinya (Smart Room),” jelas ketua Diesnatalis ITTP ke-17 Ismanto, S.Kom.

Pemenang lomba Internet of Things (IoT) adalah Juara 1 dari  SMKN 1 Purwokerto dengan nama alat : City-Hub, Juara 2 dari Institut Teknologi Telkom Purwokerto dengan nama alat Perancangan Sistem Irigasi yang Terintegrasi IoT Menggunakan Protocol MQTT, Juara 3 dari SMK Tunas Harapan Pati dengan nama alat: Tidur Pendeteksi Beban Berlabihan Pada Kendaraan Bermuatan Berbasis IoT, sedangkan untuk Juara Harapan 1 dari SMK Telkom Purwokerto dengan nama alat Polisi Sarjanatani, Juara harapan 2 dari Politeknik Harapan Bersama Tegal dengan nama alat Plugin Plant.

Panitia berharap dengan diselenggarakannya lomba dan pameran IoT ini, Institut Teknologi Telkom (ITTP) dapat terus mengembangkan pemanfaatan teknologi dan bahkan bisa menjadi pusat pengembangan ICT di purwokerto atau jawa tengah sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih kepada masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *