Pada hari Senin tanggal 20 November 2017 lalu, Bertempat di Kantor Desa Winduaji  Kecamatan Paguyangan Kab Brebes telah diadakan pelatihan & training pengurus Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) WePe dengan mengusung tema “Peduli Desa melalui Wisata”. Acara pelatihan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata Kab Brebes yakni Bpk Ir. Amin Budi Raharjo, M.Pi beserta jajaranya serta diikuti juga oleh Muspika Kec Paguyangan, Kepala Desa Winduaji, Institut Telkom Purwokerto, LPPM Fakultas Fisip Unsoed serta pengurus dan pegiat wisata Desa Winduaji.

Adalah Achmad Zaki Yamani, ST.MT salah seorang Dosen Muda Teknik Industri Insitut Teknologi Telkom Purwokerto berkesempatan memberikan materi mengenai manajemen mutu organisasi pengelolaan Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) WePe yang baik dan kredibel. Masyarakat Desa harus disupport untuk tumbuh melalui pemahaman yang utuh dalam mengelola pariwisata. Dalam kesempatan itu juga Zaki Yamani  juga mengetengahkan perkembangan Teknologi sebagai sebuah keniscayaan untuk dihindari, dengan semangat maju bersama melalui Pokdarwis WePe diharapkan angka keterlibatan aktif masyarakat Desa Winduaji dalam mendukung sector pariwisata semakin meningkat. Pararel dengan geliat pertumbuhan pariwisata skala Desa, lahirnya Undang-Undang Desa Nomor 06 Tahun 2014 seolah seperti oase dipadang pasir karena dengan diaturnya pendirian BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) akan memberikan rasa percaya diri masyarakat Desa Winduaji untuk lebih  semangat membangun pariwisata Desa dengan menjadi bagian dari BUMDes Winduaji.

UBK (Usaha Berbasis Komunitas) adalah salah satu program kerja dari Direktorat Pembangunan Ekonomi Kawasan Pedesaan (PEKP Kemendesa PDTT RI).  Tahun 2017, Kabupaten Klaten Jawa Tengah kedapatan mendapat bantuan stimulan berupa mesin jahit digital untuk UBK Al-Barokah sebagai bagian dari BUM Desa Bersama “Lohjinawi”. Pada tanggal 24 November 2017, Kementerian Desa PDTT berkolaborasi dengan PT.Prima Maxima Abadi melakukan kegiatan pelatihan sarana dan prasarana produksi pengembangan Prukades berbasis UBK (Usaha Berbasis Komunitas).

 

Tampak dalam gambar, salah seorang dosen Teknik Industri Institut Teknologi Telkom Purwokerto (IT Telkom Purwokerto) Achmad Zaki Yamani, S.T,M.T sedang memberikan materi mengenai manajemen kewirausahaan bidang konveksi serta memberikan edukasi mengenai peranan penting Teknologi dan komunitas dalam membangun sebuah “Brand”.  Zaki Yamani melanjutkan bahwa perubahan perilaku pasar ke arah digital marketing telah merubah wajah ekosistem bisnis secara drastis, dan hal ini harus diantisipasi serta masyarakat Desa harus pandai menyesuaikan diri. Strategi PDB (Positioning, Differentiation and Brand) harus benar-benar dikuasai teman-teman dari UBK (Usaha Berbasis Komunitas) agar bantuan stimulant yang diberikan Pemerintah Pusat melalui KemendesaPDTT ini bisa menjadi trigger untuk menumbuhkembangkan gairah ekonomi masyarakat pedesaan, Ujar Zaki.

Leave a comment