Civitas Akademika Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) menyalurkan bantuan secara langsung kepada korban bencana gempa Lombok, Jumat (24/8) hingga Selasa (28/8).

Rombongan civitas akademika Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) tiba di Lombok pada hari Sabtu (25/8), dan langsung mengunjungi para korban gempa yang terjadi pada awal bulan Agustus lalu.

aksi sosial untuk lombok

Rombongan yang langsung dipimpin oleh Wakil Rektor II, Heru Priyanto S.T M.BA menjelaskan bahwa kami tiba di lokasi bencana sejak siang hari pukul 13.00 WITA, Sabtu (25/8). Disana kami disambut secara baik oleh masyarakat sekitar yang menjadi korban akibat bencana gempa. Hampir semua infrastruktur seperti jalan, fasilitas umum, dan rumah warga mengalami kerusakan yang cukup parah. Perlu perhatian khusus dari pemerintah dan LSM terkait untuk lebih memperhatikan kebutuhan–kebutuhan yang diperlukan oleh para korban bencana gempa, jelasnya.

Solidaritas Menguatkan Para Korban

Dia juga menyampaikan kekagumannya dengan para korban bencana gempa, “Saya sangat terkagum–kagum dengan mereka semua, sangat gigih untuk bertahan menghadapi cobaan, dan mereka kompak dalam menanamkan rasa solidaritas dengan sesamanya. Mereka bahu membahu memberikan beragam bantuan semampu mereka, ada yang memberikan berupa tenaga, material, dan pelayanan. Sehingga saya melihat suatu bencana bukanlah alasan untuk tidak saling berbagi dan memupuk rasa solidaritas antar sesama,” tambahnya.

aksi sosial untuk lombok

Kepala Urusan Bidang Logistik Suroso A.Md. menyampaikan, proses penyaluran bantuan dilakukan secara langsung ke tempat korban bencana gempa Lombok. Kami melakukan ekspedisi selama 2 hari 2 malam menggunakan kendaraan roda empat. Jarak bukanlah suatu halangan bagi kami untuk menyalurkan bantuan untuk sesama. Karena negara juga sudah mengajarkan pada kita semua untuk menumbuhkan rasa empati dan simpati terhadap sesama, jelasnya.

Perwakilan Mahasiswa, Irfan Nur Aziz mengatakan kami mahasiswa Institut Teknologi Telkom Purwokerto sangat terkesan sekaligus bangga dengan kampus kami, karena meskipun jarak antara Purwokerto–Lombok jauh, tetapi semangat untuk berbagi tetap dijalankan. Ini membuat kami selaku mahasiswa akan terus menjaga nama baik kampus Institut Teknologi Telkom Purwokerto, katanya.

aksi sosial untuk lombok

Bantuan yang disalurkan oleh kampus Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) memang tidaklah seberapa. Bantuan yang disalurkan adalah berupa tenda pengungsi, sembako, dan keperluan rumah tangga. Sesuai dengan kebutuhan utama yang diperlukan oleh para korban bencana gempa Lombok, seperti daerah Sembalun Bumbung, Pringgabaya, Labu Pandan Sambalia, Bilok Petung, Sugian, Mamben, Wanasaba, Sampit, Lendang Belo, Suwela Nusa Tenggara Barat.

Leave a comment