Sebanyak 63 orang yang berasal dari latar belakang profesi berbeda, pada akhir pekan kemarin (22/4) mengikuti ajang perlombaan IT Telkom Photo Marathon 2018.

Perlombaan yang diselenggarakan di Kampus Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Jln. D.I Panjaitan No 128, Purwokerto Selatan berlangsung sangat meriah. Karena banyak fotografer mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa, umum dan fotografer professional juga ikut dalam perlombaan ini.

Photo Marathon

Wonderful Purwokerto

Menurut ketua pelaksana IT Telkom Photo Marathon Aji Susanto Anom, S.Sn M.Sn., kegiatan dimulai dari pagi hari sampai siang hari dengan durasi pengambilan foto selama 2 jam. Untuk tema lomba foto “IT Telkom Photo Marathon 2018” mengambil tema Wonderful Purwokerto, alasan pengambilan tema didasari karena keinginan untuk menampilkan keberagaman, keunikan, keindahan kota Purwokerto sebagai visualisasi untuk ditangkap oleh mata publik pada nantinya, menurut dia.

Photo Marathon

Dia juga menyampaikan bahwa IT Telkom Photo Marathon 2018 ini merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Dies Natalis Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) yang ke 16, sehingga diharapkan dengan adanya lomba ini peserta mampu   untuk bersaing secara kreatif dengan media fotografi dalam hal kaitannya dengan menggali potensi mengenai keindahan Kota Purwokerto sebagai Kota Satria, ungkapnya.

Untuk sistem penjurian lomba akan dilakukan oleh tiga juri yang sudah tidak asing lagi di telinga para pencinta fotografi, khususnya untuk wilayah yang berada di lingkungan Banyumas dan sekitarnya.

Juri IT Telkom Photo Marathon

Photo Marathon

Ketiga juri tersebut adalah pertama Dian Aprilianingrum, fotografer Suara Merdeka Biro Banyumas, pernah mengikuti Permata Photojournalist Grant yang diselenggarakan di Jakarta pada tahun 2013, kedua Aji Susanto Anom, S.Sn., M.Sn., dosen Prodi DKV (Desain Komunikasi Visual) IT Telkom Purwokerto dengan latar belakang prestasi yang tidak diragukan lagi dalam dunia fotografi, dia memiliki empat buku secara independen diantaranya “Nothing Personal” “Poison” “Recollecting Dream” dan “River of Hades”, dan ketiga Subarkah Budi W fotografer dengan latar belakang street photography, jurnalistik dan dokumenter. Sekarang dia dipercaya menjadi ketua KFB (Komunitas Fotografer Banyumas) sejak 2016 sampai sekarang, jelas Hilman Singgih Wicaksana mahasiswa S1 Teknik Informatika selaku ketua panitia dari mahasiswa.

Untuk penjurian dimulai dari tanggal 25 April 2018 dan akan diumumkan pemenang lomba pada tanggal 12 Mei 2018, ketika waktu malam puncak Dies Natalis IT Telkom Purwokerto yang ke 16, turut mengundang Hanin Diya sebagai bintang tamu, tambahnya.

Leave a comment