Semua dosen program studi (prodi) S1 Sistem Informasi (SI) lakukan simulasi assessment akreditasi, pada hari Senin (6/8).

Simulasi assessment SI

Dalam simulasi yang digelar di gedung DC (Digital Convergent) 101 kampus Institut Teknologi Telkom Purwokerto tersebut turut mengundang salah satu pembicara dari luar kampus yaitu Prof. Dr. Ir. Eko Sediyono M.Kom. Guru Besar Ilmu Komputer UKSW.

Motivasi Sambut Assessment Akreditasi

Acara simulasi assessment akreditasi S1 Sistem Informasi dibuka langsung oleh Wakil Rektor 1 Bidang Akademik dan Riset Eka Wahyudi S.T., M.Eng., dia mengatakan “Dengan simulasi assessment yang dilakukan oleh rekan – rekan dosen program studi (prodi) S1 Sistem Informasi bisa mendorong dan menjadi salah satu motivasi untuk siap menghadapi penilaian langsung dari Ban-PT terkait akreditasi program studi (prodi), yang tinggal menghitung hari,” katanya.

Dia menambahkan “Rekan – rekan dosen diharapkan bisa mengikuti jalannya simulasi yang diberikan oleh Prof. Eko sampai akhir acara. Ini dimaksudkan agar rekan – rekan bisa mengevaluasi diri, mencari hal – hal yang masih dirasa kurang dan harus segera diperbaiki sebelum dilakukannya penilaian secara langsung dari Ban-PT. Kita harus banyak belajar dari pengalaman orang yang memiliki kapasitas di bidang penilaian terkait akreditasi perguruan tinggi. Dengan terus mengasah dan belajar akan membuat kita matang dalam membuat keputusan dan menentukan kebijakan,” tambahnya.

Simulasi assessment SI

Untuk menjadi salah satu program studi yang unggul, memiliki kualitas yang tidak kalah dengan prodi di kampus lainnya, syaratnya adalah dengan memiliki akreditasi Ban-PT. Akreditasi itu sendiri merupakan aspek penting bagi Program Studi di Perguruan Tinggi manapun. Karena akreditasi tujuan utamanya adalah untuk mengevaluasi apa yang sudah berjalan, misalnya saja syarat mutlak yang harus ada yaitu buku panduan skripsi, instrument himpunan mahasiswa, ikatan alumni, visi dan misi, kurikulum yang harus jelas dan terskematik, jelas pemateri Simulasi Assessment Akreditasi Professor Dr. Ir. Eko Sediyono M.Kom tersebut.

Program Studi S1 Sistem Informasi Institut Teknologi Telkom Purwokerto siap melakukan transformasi besar untuk masyarakat. Karena Prodi S1 Sistem Informasi ITTP memiliki visi menjadi Program Studi berdaya saing Nasional yang menghasilkan lulusan berkompeten dalam Menerapkan Sistem Informasi khususnya di Industri Pariwisata (E-Tourism) dan memiliki kemampuan komunikasi interpersonal, serta misi menyelenggarakan pendidikan yang transparan dan berkelanjutan di bidang Sistem Informasi untuk pariwisata (E-Tourism), penelitian bidang Sistem informasi berbasis pariwisata untuk kemajuan ilmu pengetahun dan teknologi, pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan produktivitas dan nilai tambah bagi masyarakat melalui pemanfaatan sistem/teknologi informasi, serta mengembangkan nilai-nilai tanggung jawab, mandiri, kerjasama, kreatif, inovatif, solutif dan kompetensi interpersonal bagi civitas akademika.

Leave a comment