Sebagai serangkaian program mata kuliah Stadium General tahun ajaran 2017/2018, mahasiswa informatika berkolaborasi dengan Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat IT Telkom Purwokerto mengadakan kegiatan seminar nasional. Kali ini, seminar nasional bertajuk “Smart City” diselenggarakan oleh mahasiswa Informatika angkatan 2015. Tema yang diusung pada seminar tersebut yaitu “Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat melalui penerapan Smart City” yang saat ini menjadi trend bagi lembaga pemerintahan agar lebih bisa melayani masyarakatnya dengan lebih baik.

Untuk kepanitiaan acara tersebut, di ketuai oleh Abdullah Hamzah, mahasiswa Informatika kelas B 2015 dan juga Herryawan Pujiharsono, M.T. sebagai ketua panitia dari LPPM. Dengan persiapan yang matang, panitia berharap kegiatan seminar nasional ini akan mampu mendorong upaya pembelajaran bagi semua pihak dalam memahami konsep pembangunan smart city di tanah air pada umumnya dan masyarakat kabupaten Banyumas dan sekitarnya pada khususnya.

Smart City dapat diartikan sebagai Kota yang dapat mengelola berbagai sumber dayanya (alam, manusia, waktu, teknologi dan lain-lain) secara efektif, efisien dan berkelanjutan untuk menyelesaikan berbagai tantangan kota menggunakan solusi inovatif dan terintegrasi untuk memberikan pelayanan kota yang dapat meningkatkan kualitas hidup warganya (Prof Suhono, 2017).

Adapun pembicara yang dihadirkan dalam seminar nasional tersebut diwakili oleh tiga elemen yang dirasa memiliki andil besar dalam penentuan kebijakan pembangunan smart city, yaitu dari lingkungan akademisi, lingkungan pemangku kebijakan dibidang keuangan, dan lingkungan pembuat regulasi.

Acara seminar ini akan diadakan pada tanggal 09 Desember 2017 dari  pukul 08.00 hingga 12.00. Untuk pendaftaran mengikuti acara seminar ini, bisa langsung menghubungi kontak person yang sudah disediakan. Jadi bagi kalian yang ingin menambah ilmu mengenai “Smart City” sehingga kalian bisa terapkan di lingkungan masyarakat kalian, yuk daftar sebelum kursi nya habis.

LINK PENDAFTARAN : s.id/SmartCityTelkom

Leave a comment