Rektor Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) diundang oleh salah stasiun televisi lokal Banyumas untuk mengisi acara Spesial Dialog sekaligus membahas mengenai aplikasi BRT (Bus Rapid Transit), kemarin Rabu (8/8) malam.

Dalam acara televisi yang bernama “Spesial Dialog” selain dihadiri oleh Rektor ITTP, juga dihadiri oleh beberapa pejabat penting Kabupaten Banyumas, salah satunya adalah Pj. Bupati Banyumas Drs Budi Wibowo M.Si.

Aplikasi BRT

Mengangkat beragam pembahasan mulai dari menuju hari kemerdekaan Indonesia yang ke 73. Para pejabat menginginkan keterlibatan seluruh elemen masyarakat untuk memeriahkan harus tinggi dan kondusif, karena secara bersamaan kemerdekaan Indonesia ke 73 tahun 2018 bebarengan dengan Euforia Asian Games yang dihelat di Jakarta dan Palembang. Sampailah pada pembahasan mengenai keikutsertaan Institut Teknologi Telkom Purwokerto sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang bergerak dalam pengembangan ICT, diminta oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Banyumas untuk ikut serta dalam mengembangkan aplikasi BRT (Bus Rapid Transit) Purwokerto-Purbalingga yang masih dalam rancangan atau belum di launching secara penuh.

Aplikasi BRT (Bus Rapid Transit)

Rektor Institut Teknologi Telkom Purwokerto Dr. Ali Rokhman M.Si menyampaikan “Aplikasi BRT (Bus Rapid Transit) ini dalam waktu dekat ini akan segera launching, karena kami memiliki SDM (Sumber daya manusia) memiliki kompetisi untuk merancang suatu aplikasi. Untuk nama aplikasi yang akan segera diperkenalkan masih tahap diskusi, belum ada nama yang pas untuk aplikasi ini. Mudah – mudahan kami segera menyelesaikan rancangan aplikasi sesuai dengan permintaan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Banyumas tersebut,” jelasnya.

Aplikasi BRT

Dia juga menambahkan “Kami baru mendapatkan kabar dari Pemda untuk merancang aplikasi ketika kami diundang dalam rapat koordinasi yang dihelat pada hari Senin (6/8). Mudah – mudahan dengan waktu yang relatif singkat kami bisa menyelesaikan aplikasi tersebut, sehingga bisa digunakan oleh masyarakat atau penumpang yang menaiki BRT (Bus Rapid Transit) Purwokerto – Purbalingga. Untuk fitur yang ditawarkan dalam aplikasi dengan waktu yang singkat ini diharapkan bisa banyak, tetapi setidaknya ada fitur untuk mengetahui rute yang akan dituju dan pemberhentian terdekat,” tambahnya.

Aplikasi BRT

Pj. Bupati Banyumas Drs. Budi Wibowo M.Si., mengatakan “Kampus Institut Teknologi Telkom Purwokerto saya rasa bisa membantu kami untuk menyempurnakan BRT (Bus Rapid Transit) ini, salah satunya dengan merancang aplikasi BRT. Kami lihat kampus IT Telkom Purwokerto memiliki SDM yang sudah ahli dalam perancangan aplikasi dan pengembangan jaringan, terlihat dari adanya unit LPPM (Lembaga Penelitian dan Pemberdayaan Masyarakat),” katanya.

BRT (Bus Rapid Transit) itu sendiri akan segera di launching pada tanggal 13 Agustus 2018 mendatang langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo S.H M.IP. Dengan ikut sertanya ITTP dalam pengembangan BRT, menunjukan bahwa kampus ITTP tidak kalah bersaing dengan kampus lainnya, khususnya yang berada di Porvinsi Jawa Tengah.

Leave a comment