ITTELKOMPWT.AC.ID – Mahasiswa Prodi D3 Teknik Telekomunikasi berhasil merancang alat sistem monitoring Ph dan Suhu pada Tumbuhan di aquascape  berbasis Internet of Things (IoT). Rizky Zahara Salsabilla  adalah mahasiswa yang merancang alat tersebut, dia mengenalkan langsung alat sistem monitoring tersebut didepan sisvitas akademika kampus Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) baru – baru ini (13/8), bertempat di Gedung Telematika kampus ITTP.

Zahara panggilan akrabnya mengatakan, bahwa sistem monitoring yang saya rancang merupakan sistem yang bertujuan untuk memberikan solusi bagi para penggemar akuarium aquascape, yang terkadang mereka melupakan sesuatu hal kecil tapi jika dibiarkan menjadi suatu permasalahan besar, adalah penggemar  akuarium aquascape tidak memperhatikan tumbuhan yang hidup dalam akuarium tersebut, padahal dalam aquascape akan terlihat bagus ketika semua aspek dijaga dan terpenuhi oleh si pemilik. “Dari kondisi tersebut saya berusaha mencari solusi, dan ketemu ide dari saya untuk mencipatakan alat monitoring ph dan suhu tumbuhan dalam akuarium aquascape menggunakan dan memadukan Internet of Things (IoT) sebagai teknologi sesuai dengan kondisi di era millennial seperti sekarang ini,” katanya.

“Harapan saya semoga alat monitoring ph dan suhu yang diterapkan pada akuarium aquascape ini menjadi solusi para penggemar aquascape untuk menjaga keindahaan dan keelokan akuarium. Karena keindahan aquascape terletak pada tertata dan terawat tumbuhan dan ikan yang ada dalam akuarium tersebut,” tambahnya.

Danny Kurnianto S.T., M.Eng., Dosen Pembimbing mahasiswa mengungkapkan, alat yang dirancang mahasiswa saya ini layak untuk dikembangkan dan diimplementasikan, karena dapat berguna di masyarakat luas khususnya mereka para penggemar dan pemilik akuarium aquascape. “Alat monitoring ph dalam aquascape menawarkan fitur otomatis, dimana sistem sudah menggunakan Internet of Things (IoT) sebagai dasar untuk bekerjanya sistem monitoring ph dan suhu pada aquascape. Alat ini berhasil menawarkan teknologi terkini dan sudah dibatasi, alat bekerja untuk mendeteksi ph dan suhu air pada tanaman/tumbuhan air dalam aquascape,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *