Seluruh sivitas akademika Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) menggelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila. Upacara tersebut bertempat di depan halaman Gedung DC (Digital Convergent).

Upacara peringatan kesaktian Pancasila dipimpin langsung oleh Wakil Rektor Bidang 1 diikuti seluruh jajaran Rektorat bersama dengan seluruh dosen,staff dan mahasiswa ITTP.

Acara berlangsung dengan lancar tanpa adanya hambatan, karena seluruh peserta upacara hampir memadati halaman depan gedung DC pada hari ini Senin (1/8).

Kesaktian Pancasila

Wakil Rektor bidang 1 Eka Wahyudi S.T., M.Eng., menjelaskan, upacara peringatan hari kesaktian Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Oktober 2018 merupakan salah satu-bagian dari komitmen institusi untuk ikut mengimplementasikan nilai – nilai luhur Pancasila, sekaligus mengenang tragedi yang melibatkan dasar negara/Pancasila sebagai bagian dari dasar Negara Republik Indonesia. Dimana dahulu para pahlawan revolusioner rela mengorbankan kepentingan bangsa di atas kepentingan pribadinya sendiri. Ini adalah momen terbaik untuk institusi untuk terus melangkah kedepan dengan tujuan dan semangat yang membara, sama halnya dengan yang dilakukan oleh para pahlawan revolusioner yang gugur karena mempertahankan Pancasila sebagai dasar negara. Semangat itulah yang harus kita contoh dan menjadi acuan kita semua untuk jika akan melakukan dan memutuskan sebuah langkah atau kegiatan, jelasnya.

Generasi Muda Harus Mengukir Sejarah Baru

Pembina Upacara Hari Kesaktian Pancasila ini juga menambahkan, melihat dari antsusias peserta upacara yang memadati halaman gedung DC, merupakan cerminan kampus Institut Teknologi Telkom Purwokerto sebagai kampus yang selalu siap dengan beragam persaingan dan perubahan. Karena perubahan di era millennial sekarang ini, generasi muda mudah untuk dihasut dengan beragam berita hoax, serta gaya hidupnya yang susah terlepas dengan smatphone yang dimilikinya. Harapannya semoga mahasiswa ITTP terus mengukir sejarah baru untuk kemajuan institusi dan membawa nama baik untuk nusa dan bangsa, sesuai dengan slogan kita Bridging Technoloy For Humanity, tambahnya.

Kesaktian Pancasila

Hari Kesaktian Pancasila merupakan sejarah yang tidak boleh dilupakan oleh bangsa Indonesia dan harus terus diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa. Kita harus terus mengenang beribu jasa pahlawan yang rela demi menegakan kedaulatan negara. Bangsa yang maju adalah bangsa yang mampu menghargai setiap jasa para pejuang bangsa, serta mampu belajar dari sejarah.

Leave a comment