ITTELKOM-PWT.AC.ID – Kemarau Panjang yang melanda seluruh nusantara kian menjadi persoalan yang sangat serius. Akhir pekan kemarin, Jumat (27/9) sivitas akademika Kampus Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP), dan seluruh warga kawasan Pendidikan Telkom Terpadu Purwokerto menggelar Solat Istisqa (Meminta Hujan). Solat dilakukan setelah melaksanakan solat Juma’t di masjid Syifa’ul Qalbi, dipimpin langsung oleh Ustadz Hanif Nur Adi dari lembaga sosial Dhompet Dhuafa. Pelaksanaan solat bertempat di lapangan basket SMP Telkom Purwokerto.


Dalam ceramahnya Ustadz Hanif menyampaikan, kondisi cuaca yang bisa dibilang ekstreem sedang melanda nusantara dan menjadi kegelisiahan bagi saudara – saudara kita. Kekeringan terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke, termasuk wilayah Banyumas dan sekitarnya. Tanah kering semua, air bersih sebagai kebutuhan sehari – hari mulai berkurang, banyak dari masyarakat mengeluhkan dengan kondisi yang sedang terjadi. Bahkan dari kemarau yang panjang menyebabkan kebakaran hutan dan lahan, Riau, Jambi, Palembang, Kalimantan adalah wilayah yang terkena dampak kebakaran, dari kondisi seperti ini menyebabkan asap tebal mempengaruhi kesehatan dari saudara – saudara kita, banyak yang terkena ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut). “Mudah – mudahan dengan kita bersama – sama menyatukan niat kita, berdoa bersama – sama meminta hujan ke Yang Maha Kuasa, atas Rahmat-Nya waktu diberikan hujan. Air adalah sumber kehidupan bagi kita, menjadi kewajiban kita ketika diberikan kelimpahan oleh-Nya kita harus menjaga keseimbangan ekosistem lingkungan sejak dini,” ungkapnya.


“Shalat istisqo dilaksanakan sebagai bentuk permohonon kepada Allah swt agar menurunkan hujan. Kegiatan shalat istisqo bekerja sama dengan lembaga sosial Dompet Dhuafa, kegiatan setelah solat istisqa dilanjutkan dengan penggalangan dana guna menyalurkan bantuan air bersih untuk daerah yang terdampak kekeringan, khususnya yang berada di Kabupaten Banyumas dan sekitarnya. Semoga bantuan ini bermanfaat buat saudara – saudara kita,” ungkap Mohammad Ulyan, S.Pd.I., M.Pd, selaku ketua pelaksana kegiatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *