Tim mahasiswa Institut Teknologi Telkom Purwokerto, TelcoFlash meraih Juara III dalam ajang Electrical Soedirman Competition  2017  dengan  kategori  ”Internet of Things Competition”. Ajang bergengsi  tingkat nasional ini  digelar oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HMTE) Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) baru-baru ini. Kompetisi ini diselenggarakan dalam rangkaian Dies Natalis kampus tersebut.

Tim TelcoFlash  yang terdiri dari Duwi Utami, Alhamda Adisoka Bimantara  dan Viona Octaviani Citra mengangkat makalah bertajuk “Sistem Monitoring Kumbung Jamur pada Jamur Tiram”.

“Kami ingin mencoba inovasi baru untuk memonitor perkembangan jamur secara otomatis dengan memanfaatkan teknologi telekomunikasi,” kata Duwi.

Menurut dia, selama ini petani jamur melakukannya secara manual.  Mereka harus mengawasi perkembangan jamurnya secara intensif,  padahal  mereka juga memiliki kesibukan yang lainnya.

Teknologi yang diangkat dalam makalah ini, sambung Duwi, bisa  mempermudah kerja para pembudidaya jamur tiram. Pemanfaatan internet, memungkinkan para petani jamur untuk mengontrol tanaman budidayanya dari  jarak jauh hanya dengan memasukkan data dan pembatas waktu.

Para mahasiswa kreatif ini berharap dapat lebih sering mengikuti event seperti ini  sehingga ilmu dan teori yang mereka dapat di kampus dapat diterapkan dan diasah terus menerus,” ujarnya

Leave a comment