SAMSUNG CAMERA PICTURES

PURWOKERTO – Konsep “Smart City” sudah tidak asing ditelinga masyarakat dan kini mulai banyak diterapkan di kota-kota Indonesia. Institut Teknologi Teklom (IT Telkom) Purwokerto digandeng oleh  Diskominfo untuk mewujudkan Purwokerto sebagai smart city.  Sebagai Salah satu wujud keterlibatan IT Telkom adalah dengan penyelenggaraan Seminar Nasional dengan tema “Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat melalui Penerapan Smart City” yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 9 Desember 2017 di Hotel Dominic, Purwokerto. Hal ini bertujuan untuk mengarahkan kota Mendoan sebagai kota cerdas dengan tatanan kota yang memudahkan masyarakat memperoleh informasi dengan cepat, serta dapat mengurangi kemacetan dan  meningkatkan keamanan warga.

Seminar yang dihadiri oleh mahasiswa IT Telkom ini diharapkan dapat menjadi motivasi kaum muda untuk mengembangkan teknologi ke masyarakat secara luas. “Mengikuti perkembangan jaman saat ini sangat perlu agar tidak menjadi kota yang tertinggal, salah satunya perlu menerapkan konsep smart city ini.  Keahlian apapun, jabatan apapun harus punya kemampuan menggunakan IT.  Harapan saya, kampus IT Telkom dapat menjadi penggerak bagi masyarakat untuk menuju smart city,” kata Rektor IT Telkom, Dr. Ali Rokhman, M.Si.

Seminar Nasional ini diisi oleh tiga narasumber  yaitu  Dosen Institut Teknologi Bandung Dr. I Gusti Bagus Bagaskara Nugraha,  Kepala bidang E Government Diskominfo Kabupaten Banyumas  Endah Sulistyawati, S.Sos dan Manajer Busineess, Government & Enterprise Service PT. Telkom Witel Purwokerto Subiarto . Pada satu sesinya, Dr. I Gusti Bagus Bagaskara Nugraha menuturkan bahwa perlu adanya keserasian antara masyarakat dan pemerintah untuk menjamin keberhasilan smart city.

Kerjasama yang terjalin antara IT Telkom dengan Diskominfo diharapkan dapat memperlancar proses pembentukan smart city di Purwokerto. Sebagai kampus yang memiliki basic teknologi , IT Telkom siap berkontribusi dengan membuat gebrakan positif untuk kemajuan teknologi di kota Purwokerto.

Leave a comment