Pada hari Rabu, 06 Desember 2017 LPPM  Institut Teknologi Telkom Purwokerto bekerja sama dengan Ikatan Guru TK Muslimat NU  Kabupaten Banyumas menyelenggarakan pelatihan peningkatan kemampuan TIK yang bertempat di Laboratorium Aplikasi. Pelatihan yang berlangsung kurang lebih selama 3 jam tersebut diikuti oleh sekitar 30 peserta dari berbagai daerah di Banyumas. Pelatihan kali ini mengambil materi tentang pemanfaatan microsoft excell untuk mengolahan data.

Pada saat ini, kemampuan penguasaan teknologi TIK memang mutlak harus dimiliki oleh semua orang, tidak terkecuali guru-guru TK. Problematika yang dihadapi oleh sebagian besar guru-guru TK adalah mereka belum menguasai aplikasi microsoft excell untuk mengolah data, terutama data yang terkait dengan masalah keuangan, nilai-nilai siswa atau yang lainnya.  Oleh karena itulah, sebagai perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, LPPM Institut Teknlogi Telematika Telkom menginisiasi kerjasama pelatihan kepada guru-guru TK Muslimat NU dengan tujuan agar ada peningkatan kompetensi dalam penguasaan teknologi TIK (dalam hal ini microsoft excell).

Sebagai pemateri dalam pelatihan microsoft excell tersebut yaitu bapak Danny Kurnianto, S.T.,M.Eng (Prodi D3 Teknik Telekomunkasi), bapak Syariful Ikhwan, S.T.,M.T (Prodi D3 Teknik Telekomunikasi) dan bapak Achmad Rizal Danisya, S.T.,M.T (Prodi S1 Teknik Telekomunikasi). Meskipun pelatihan dilaksanakan di siang hari, akan tetapi antusias peserta begitu besar. Usia tidak menghalangi mereka untuk terus mengasah kemampuan diri. Tidak hanya microsoft excell saja, ke depan materi pelatihan akan berlanjut dengan membahas materi tentang microsoft word dan internet.

Leave a comment