ITTELKOM-PWT.AC.ID – Satuan Penjaminan Mutu (SPM) IT Telkom Purwokerto menyelenggarakan Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi (SPMI-PT) & Audit Mutu Internal (AMI) bertempat di Gedung IOT 101-103 IT Telkom, 5 – 9 Agustus 2019. Pelatihan diselenggarakan secara intensif selama 5 hari dengan melibatkan fasilitator eksternal dari Kantor Jaminan Mutu Universitas Gadjah Mada (KJM UGM).
Pelatihan diikuti oleh 32 peserta terdiri dari Dekan, Ketua Kelompok Keahlian (KK), Ketua Program Studi dan Kepala Bagian di IT Telkom yang mempunyai peranan penting dalam keberhasilan implementasi SPMI. Karena implementasi SPMI pada perguruan tinggi merupakan hal wajib, yang akan membawa peningkatan mutu pada perguruan tinggi.


Pelatihan dibuka oleh Rektor IT Telkom, Dr. Ali Rokhman, Msi. Dalam sambutannya, Dr. Ali Rokhman mengatakan sesuai dengan Permenristekdikti tentang SPM Pendidikan Tinggi, bahwa SPMI memiliki siklus kegiatan yang cukup kompleks, sehingga memerlukan pendampingan dalam proses implementasinya. Sebagai langkah awal, maka diselenggarakanlah pelatihan SPMI ini agar memahami konsep SPMI yang tepat. Dengan implementasi SPMI, diharapkan nantinya institusi juga akan lebih siap dan maksimal dalam menghadapi akreditasi program studi maupun perguruan tinggi.
Selama 2 hari, 5-6 Agustus, peserta diberikan pemahaman konsep SPMI. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk berdiskusi dan menyusun dokumen SPMI. Peserta juga diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil kerjanya, untuk mendapatkan masukan dan perbaikan dari fasilitator.


Selanjutnya di hari ketiga, difokuskan pada materi Audit Mutu Internal (AMI). Dengan mengikuti pelatihan AMI, peserta diharapkan mampu mengidentifikasi apakah kegiatan akademik sudah sesuai atau belum dengan standar mutu yang ditetapkan. Di akhir pelatihan, juga dilakukan simulasi pelaksanaan audit AMI.
Sebagai tindaklanjut dari pelatihan SPMI dan AMI, nantinya akan dilakukan review dokumen SPMI yang sudah ada di IT Telkom Purwokerto. Selanjutnya, juga akan dilakukan seleksi auditor AMI oleh KJM UGM untuk mendapatkan auditor dengan kompetensi yang baik. Harapannya, audit AMI yang pertama dapat segera terselenggara di tahun 2019 ini. Dan kedepannya, diharapkan IT Telkom mampu menjalankan audit AMI secara periodik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *