Unit Kegiatan Mahasiswa Rokris (Rohani Kristen) Institut Teknologi Telkom Purwokerto mengadakan acara Retret pada mahasiswa baru, Minggu (23/9). Acara tersebut bertempat di Bumi Perkemahan Kendalisada Kaliori, Banyumas. Selain beribadah, dalam acara Retret juga ada kegiatan lainnya, yaitu bermain games bersama.

Ketua panitia kegiatan Retret UKM Rokris Patricia Sitanggang mengatakan, untuk kegiatan Retret tahun sekarang berjalan lancar, lantaran antusias dari mahasiswa baru sangat tinggi, tercatat ada sekitar 79 peserta yang mengikuti kegiatan dari awal hingga akhir acara. Saya sangat senang sekali tahun sekarang peserta meningkat dari tahun lalu, terlebih dukungan dari kampus terhadap kami sangat baik. Sehingga kondisi ini menambah semangat kami untuk terus berkarya dan membawa kampus ITTP untuk terus berkontribusi bagi lingkungan sekitar maupun dengan pihak manapun, katanya.

Rokris ITTP

Asisten salah satu laboratorium di FTE ini juga menambahkan, kegiatan Retret adalah salah satu kegiatan yang mengacu pada salah satu proker dari UKM Rokris. Retret sendiri memiliki beberapa makna berupa gagasan untuk sementara waktu menjauhkan diri dari lingkungan sekitar. Retret merupakan sebuah pengalaman mengasingkan diri bersama dengan kelompok/komunitas. Beberapa retret dilakukan dalam kesunyian, sementara yang lainnya dilakukan dengan beberapa cara. Retret menyediakan waktu untuk berefleksi, berdoa, atau bermeditasi. Dalam retret juga memiliki beberapa hiburan setelah kita berdoa atau bermeditasi misalnya dengan bermain game. Retret memiliki tujuan untuk kita dapat merenungkan kesalahan – kesalahan kita yang lalu dan dapat memperbaharui sikap atau tingkah laku dalam hubungan dengan sesama khususnya dengan Tuhan, tambahnya.

Kesan Positif Untuk Kampus

Peserta acara Retret Kiara Angeline mengungkapkan, saya sangat terkesan karena kampus Institut Teknologi Telkom Purwokerto memiliki banyak sekali kegiatan mahasiswa yang positif bagi kami, para mahasiswa baru. Kegiatan Retret salah satunya, dengan kegiatan ini kami para mahasiswa baru dapat merasakan nikmat, serta menyadari kesalahan – kesalahan yang telah kami perbuat dengan merenungkan secara bersama – sama, ungkapnya.

Rokris ITTP

Wakil dari Pembina UKM Rokris Yosita Dwi S S.Pi., M.Si., menjelaskan, setiap tahun kegiatan Retret unit kegiatan mahasiswa Rohani Kristen (Rokris) memang selalu diselenggarakan, akan tetapi untuk pengenalan tahun sekarang terasa sangat spesial, karena peserta yang mengikuti acara meningkat dari tahun yang lalu, artinya rasa kebersamaan telah terlihat dari sejak dini. Harapan saya semangat kebersamaan ini terus dijaga dan peserta yang mengikuti acara Retret terus mengikuti kegiatan dari UKM Rokris, karena kedepan akan banyak sekali kegiatan – kegiatan positif, yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa baru untuk mengembangkan potensi diri dan mengasah kemampuan soft skill, dan pastinya mendapatkan pengalaman yang tidak bisa di dapat dikemudian hari, jelasnya.

Rokris ITTP

Di akhir kegiatan retret UKM Rokris, ada kegiatan bermain games bersama. Ini bertujuan untuk terus menjaga semangat para mahasiswa baru, serta bertujuan untuk mengakrabkan diri satu sama lain. Setelah bermain satu game, melaksanakan makan siang bersama. Dilanjutkan bermain game keakraban, semua peserta sangat antusias untuk dari awal acara hingga berakhirnya acara Retret.

Leave a comment