Bertempat di Gunung Slamet, unit kegiatan mahasiswa Wapala Institut Teknologi Telkom Purwokerto menggelar acara pengambilan kartu tanda anggota (KTA) bagi mahasiswa baru. Acara pengambilan KTA tersebut dilakukan diakhir pekan (13-15 September 2018).

Pengambilan KTA

Wakil Rektor bidang 3, Tata Sambada, S.T., mengatakan, kegiatan pengambilan kartu tanda anggota oleh UKM Wapala adalah bagian dari pengembangan mahasiswa selain mereka berkuliah seperti biasanya. Kemampuan dalam mengasah pengalaman berogranisasi harus ditekankan mulai sejak dini, salah satunya dengan kegiatan yang dilakukan oleh unit kegiatan mahasiswa Wapala ITTP ini. Pihak kampus akan selalu mendorong para mahasiswa untuk terus mengembangkan bakat yang dimiliki oleh mereka, sehingga kami siap untuk memfasilitasi kegiatan – kegiatan mahasiswa, mulai dari pengembangan secara softskill maupun hardskill. Sehingga kami berharap dengan adanya kegiatan seperti ini, mahasiswa bisa terpacu semangatnya dalam mengembangkan kemampuan yang dimilikinya, pengelaman dalam berorganisasi, berinteraksi dengan orang banyak dapat berguna di masa yang akan mendatang, katanya.

Harus Diawali Kerja Keras

Pengambilan KTA

Penanggungjawab unit kegiatan mahasiswa Wapala ITTP Wendy Saputro S.E., menyampaikan, kegiatan pengambilan kartu tanda anggota adalah bagian dari kegiatan rutin UKM Wapala dari tahun ke tahun, dimana mahasiswa yang belum memiliki nomer anggota diharuskan mengikuti prosesi pengambilan secara simbolis, salah satunya dengan menggelar pendakian dalam rangka pengambilan kartu tanda anggota. Ini dapat mengasah kemampuan mereka untuk bertahan dan mengenal arti dari perjuangan dalam meraih sesuatu. Sehingga berbekal dengan keberaniaan itu, mahasiswa akan terbiasa dengan semua tantangan. Apabila mahasiswa terbiasa dengan kerja keras, maka akan berdampak pada kemampuan mereka untuk menjadi yang terbaik di masa depan.

Pengambilan KTA

Pihak panitia pengambilan kartu tanda anggota unit kegiatan mahasiswa Wapala Andhika Agus menjelaskan, rangkaian pengambilan kartu tanda anggota (KTA) bagi mahasiswa baru atau anggota baru, terlebih dahulu dilakukan apel di lapangan basket ITTP, kemudian peserta menuju jalur pendakian Gunung Slamet melalui jalur Bambangan. Perjalanan menuju lokasi menggunakan truk dan memakan waktu 3 jam lebih. Sesampainnya di base camp Bambangan, peserta langsung mempersiapkan diri untuk melakukan pendakian. Ada dua proses yang dilakukan, pertama mengambil nomer anggota di Pos 9, kemudian pengukuhan dan foto bersama di puncak untuk anggota muda. Makna dibalik pengambilan kartu tanda anggota adalah kebersamaan akan selalu terikat ketika kita memiliki komitmen untuk selalu mengenal dengan pihak yang belum kenal dengan kita, mengenal dan berkomitmen akan menumbuhkan rasa kebersamaan bagi anggota muda dengan anggota yang lebih berpengalaman, jelasnya.

Leave a comment