RENCANA INDUK PENELITIAN

Rencana Induk Penelitian (RIP) Institut Teknologi Telkom Purwokerto dilaksanakan sebagai bagian dari rencana strategis IT Telkom Purwokerto secara keseluruhan dan menjadi dasar perencanaan kegiatan penelitian.
Program strategis RIP IT Telkom Purwokerto dituangkan dalam rencana riset unggulan yang terdiri dari beberapa bidang penelitian dan disusun secara top – down berdasarkan pada arah kebijakan nasional dan disesuaikan dengan sumber daya yang dimiliki oleh IT Telkom Purwokerto. Implementasi dari bidang riset unggulan yang telah dirumuskan untuk pelaksanaan topik – topik penelitian secara top-down disusun tiga skema penelitian, sebagai berikut :

  1. Riset Dasar, skema bagi penelitian yang masih berada pada taraf kajian, pemetaan, identifikasi yang belum menghasilkan sebuah desain (model) atau produk yang bisa diimplementasikan.
  2. Riset Pengembangan dan Riset Terapan, adalah kategori penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan suatu desain, prototype, model dan produk pada skala laboratorium yang telah siap dikembangkan bersama pihak industri.
  3. Riset Kerjasama Industri, merupakan lanjutan dari riset terapan, dimana desain, prototype, maupun produk yang dikembangkan bersama dengan pihak industri. Khususnya mengenai pengembangan menjadi skala pabrik beserta optimasi teknis dan eknomis yang diperlukan.

Topik – topik riset unggulan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi Telkom Purwokerto, berfokus pada bidang utama :

  1. Teknologi Telematika (Telekomunikasi dan Informatika)
  2. Kewirausahaan dan Manajemen TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi)

RESEARCH GROUP (KELOMPOK KEAHLIAN)

Kelompok Keahlian (Research Group) merupakan organ fungsional dalam fakultas yang didirikan berdasarkan SK Rektor. Kelompok riset beranggotakan dosen – dosen yang memiliki disiplin keilmuan dan keahlian tertentu yang berada dalam wilayah keilmuan bidang yang serumpun.
Kelompok Keahlian Institut Teknologi Telkom Purwokerto terdiri dari :

Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Teknik Elektro

  1. Kelompok Keahlian Wireless dan Signal Processing
  2. Kelompok Keahlian Network Communcation
  3. Kelompok Keahlian Elektronika dan Kendali

Fakultas Informatika

  1. Kelompok Keahlian Teknologi Informasi
  2. Kelompok Keahlian Tata Kelola dan Sistem Enterprise
  3. Kelompok Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak dan Multimedia
  4. Kelompok Keahlian Rekayasa Data

Fakultas Rekayasa Industri dan Desain

  1. Kelompok Keahlian Media Kreatif dan Periklanan
  2. Kelompok Keahlian Sistem dan Industri

INOVASI UNGGULAN

Egrotek

Egrotek merupakan salah satu Inovasi Unggulan yang dimiliki oleh kampus ITTP. Egrotek menjadi solusi baru dalam pengendalian kelembaban pada kumbung jamur. Perangkat ini memadukan antara otomatisasi Nozzle Sprayer dan teknologi Internet of Things sehingga kelembaban dapat dimonitoring dan real time dari jarak jauh dan pompa Nozle Sprayer dikendalikan dari Cloud (internet).

Pak Budi

Pak Budi merupakan aplikasi konseling bagi siswa/i SMA/SMK/sederajat dalam membantu merencanakan studi lanjutnya ke Perguruan Tinggi, sehingga bisa meraih jurusan kuliah yang tepat dan akurat. PAK BUDI menjadi aplikasi konseling pertama melalui konsultasi chating, yang membantu siswa/i mensolusikan hambatan di bidang pendidikannya mulai dari : (1) Mengenali potensi dirinya sejak awal dengan Tes Minat Bakat (2) Melatih dan meningkatkan kemampuan dirinya dengan berbagai macam latihan soal dan Try Out UN (3) Memprediksikan kelulusan di jurusan kuliah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pilihannya melalui Try Out SBMPTN.

DAAYCOMMTECH

Daaycommtech merupakan teknologi monitoring yang diterapkan pada mesin kendaraan bermotor. Fungsinya adalah untuk mengetahui kondisi prima dari mesin kendaraan. Ini bisa dilihat dari segi horse powerignition (rpm enggine), torque, rpm wheel, air fuel rasio atau konsumsi bahan bakar.

PHYSICAL DISTANCING REMINDER

Physical distancing Remainder merupakan deteksi jaga jarak antar individu sejauh 3-5 meter dengan notifikasi LED dan Buzer. Alat ini akan berbunyi jika dalam jangkauannya terdeteksi ada individu yang tidak menjaga jarak kurang dari 3 meter.

HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL

Aplikasi Blodee

Aplikasi ini digunakan untuk memudahkan pendonor untuk memantau aktivitas dan event donor darah secara daring, dan memepermudah PMI dalam Pengelolaan dan Pendataan donor darah maupun pendonor darah. Nomor Sertifikat HKI EC00202003616

Aplikasi Madhang Purwokerto

Aplikasi Restoran Madhang Purwokerto ini merupkan suatu usaha kuliner yang bergerak dibidang penjualan makanan dan minuman. Dimana pada kegiatannya restoran ini dapat transaksi penjualannya menggunakan sistem basis data yanga ada pada Restoran Madhang Purwokerto. Konsumen dapat memesan dan memilih tempat makan tanpa mengantri lama. Nomor Sertifikat HKI EC00202003618.

Centive Submission System

Aplikasi web ini digunakan untuk memudahkan pengguna melakukan pengelolaan seminar. Aplikasi Web ini diharapkan dapat membantu pengelolaan seminar dengan baik dan terdokumentasi. Nomor Sertifikat HKI EC00202003617.

Aplikasi Madhang Purwokerto

Aplikasi Restoran Madhang Purwokerto ini merupkan suatu usaha kuliner yang bergerak dibidang penjualan makanan dan minuman. Dimana pada kegiatannya restoran ini dapat transaksi penjualannya menggunakan sistem basis data yanga ada pada Restoran Madhang Purwokerto. Konsumen dapat memesan dan memilih tempat makan tanpa mengantri lama. Nomor Sertifikat HKI EC00202003618.

Video Diet Plastik

Video iklan layanan masyarakat berdurasi 58 detik tentang kampanye mengurangi plastik dalam kehidupan sehari-hari. Iklan ini menceritakan bagaimana banyaknya penggunaan plastik dalam sebuah keluarga, dengan metode hiperbola visual. Nomor Sertifikat HKI EC00202006901.

Open chat