Tentang Purwokerto

Menyandang julukan sebagai kota pelajar di Jawa Tengah, tidak salah jika banyak pendatang yang memilih melanjutkan studinya ke perguruan tinggi favorit di kota ini. Letak geografisnya yang tepat berada di bawah kaki Gunung Slamet, membuat Purwokerto mempunyai udara yang cukup sejuk dan masih segar. Purwokerto juga kental dengan budaya dan sejarah yang masih dilestarikan hingga saat ini. Dilengkapi dengan sederet tempat wisata yang menawarkan keindahan alam, kota ini menjadi semakin menarik untuk disinggahi. 

LOKAWISATA BATURRADEN

Lokasinya berada di lereng gunung slamet, dan cukup ditempuh sekitar 15 menit dari kota Purwokerto. Kawasan Wisata Baturaden merupakan salah satu dataran tinggi terindah di Indonesia. Di dalamnya ada berbagai wahana dan wisata yang bisa dinikmati, seperti kolam renang, pemandian air panas, sepeda air, ayunan gantung, sepeda gantung, karpet terbang, dan banyak lagi. Tak hanya dikenal karena kecantikan alamnya, wisata ini juga dilengkapi dengan wisata budaya, kuliner, dan cinderamata.

OBYEK WISATA CURUG

Banyak sekali wisata curug yang bisa dikunjungi di wilayah Purwokerto. Airnya yang jernih, alam yang masih terjaga dengan baik, serta udara yang masih bersih dan segar membuat curug menjadi destinasi wisata yang menarik. Curug tersebut antara lain Curug Gede, Curug Ceheng, Curug Nangga, Curug Gomblang, Curug Bayan, Curug Telu, dan masih banyak lagi.

WISATA ALAM

Selain keindahan alam di lokawisata Baturaden, di sekitarnya juga terdapat wisata alam lain yang menarik. Seperti Pancuran Pitu Baturaden, Kebun Raya Baturaden, Miniatur Dunia (Small World), The Village, Caping Park. Adapula wisata bukit yang menunjukkan keindahan alam dari spot yang berbeda dan cocok untuk tempat camping  seperti Bukit Tranggulasih, Bukit Watu Meja, Camp Area Umbul Bengkok.

WISATA SEJARAH

Salah satu obyek wisata sejarah yang paling populer di Purwokerto adalah Museum Bank Rakyat Indonesia. Bank BRI pertama kali didirikan di Purwokerto pada tahun 1895 oleh R. Aria Wiryaatmadja.

Obyek wisata lainnya adalah Monumen Panglima Besar Jenderal Soedirman. Lokasinya tepat di sebelah timur jembatan sungai Logawa yang merupakan pintu masuk Kota Purwokerto dari arah barat.

Open chat