Sharing Tips and Trick Mendapat Beasiswa Internasional

Pada (28/8) kemarin, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Astralic IT Telkom Purwokerto menyelenggarakan Webinar Series dengan tema “Tips and Trick to Get International Scholarship”. Acara ini menghadirkan dua narasumber yang merupakan dosen ITTP, Merlinda Wibowo, S.T., M.Phil dan Rona Nisa Sofia Amriza, S.Kom., M.T.I., M.I.M

Acara dibuka dengan sambutan dari Wakil Rektor Bidang I Akademik dan Riset, Eka Wahyudi, S.T., M.Eng. “Saya mewakili ITTP, mendukung kegiatan International Scholarship, seperti yang sedang dibahas pada webinar hari ini. Sampai saat ini ITTP masih menyiapkan setiap keperluan yang dibutuhkan untuk mendukung mahasiswa nya untuk melaksanakan pertukaran pelajar ke luar negeri. Untuk itu, diharapkan mahasiswa juga turut mempersiapkan diri dengan baik, salah satunya dengan mengikuti sharing tips dan trik untuk dapat kesempatan tersebut,” ungkap Eka Wahyudi membuka acara webinar. 

Dokumentasi Eka Wahyudi saat membuka acara webinar

Kedua narasumber membahas tentang hal – hal yang perlu disiapkan untuk mendaftarkan diri pada program scholarship, mulai dari negara yang ingin dipilih nantinya, menentukan minat riset mahasiswa, menyiapkan diri untuk mengikuti tes IELTS, TOEFL, dan masih banyak yang lainnya. Mereka juga menceritakan pengalamannya ketika berupaya untuk mendaftarkan program scholarship di Universitas impian, sekaligus membagikan tips dan trik untuk dapat lolos program tersebut. 

Diantaranya, mempersiapkan diri untuk mengikuti tes TOEFL dan IELTS, menargetkan negara yang ingin dituju, riset yang digeluti, diupayakan agar mahasiswa yang ingin mengikuti program scholarship dapat menghubungi profesor di universitas terkait melalui email untuk menyampaikan keinginannya untuk bergabung, dan sedikit tips mengenai penulisan surat lamaran pengajuan mengikuti program. 

“Jika ingin mengikuti program scholarship ada baiknya jika kalian mencari tahu lebih dalam, tentang passion riset kalian di bidang apa, negara mana yang menjadi target kalian, kalian juga harus sering update beasiswa program scholarship tersebut, yang terpenting itu kalian harus mempersiapkan diri untuk ikut tes TOEFL/IELTS dengan skor yang tinggi, minimal itu 550. Tak lupa juga, untuk meminta pertimbangan dari orang tua atas pilihan kalian. Jangan sampai, kalian sudah memilih di negara A, tapi tidak diperbolehkan,” pesan Merlinda Wibowo saat pematerian berlangsung.
Meski acara webinar hanya diselenggarakan secara online melalui zoom meeting, namun tak menyurutkan semangat peserta yang hadir, baik itu yang berasal dari mahasiswa ITTP, umum, bahkan dari kampus lainnya. (ITW)

Comments

Read Related News