Prestasi

PRESTASI, CAPAIAN & PENGHARGAAN ITTP

Selama 19 tahun berdiri, ITTP telah meraih banyak penghargaan tingkat nasional maupun internasional. Selain itu, Institut Teknologi Telkom Purwokerto juga menjalin kerjasama dengan beberapa universitas baik dari dalam maupun luar negeri.

BANYAK PRESTASI

Dosen dan Mahasiswa Institut Teknologi Telkom Purwokerto mendapatkan berbagai macam prestasi di bidang tri dharma perguruan tinggi, bidang akademik maupun non akademik. Berikut beberapa prestasi yang diraih :

9 mahasiswa ITTP meraih prestasi Internasional dalam kejuaraan Pencak Silat Pakubumi 8 di Gor Laga Tangkas Cibinong.

ITTP mendapatkan pendanaan riset dari Kemenristek DIKTI, PT. Telkom, Kemenkeu LPDP (RISPRO).

Mahasiswa ITTP menjadi juara pada kompetisi internasional, EU Social Digithon Competition, yang diselenggarakan oleh European Union Indonesia.

2 Tim Dosen ITTP meraih prestasi juara utama KRENOVA 2020 tingkat Provinsi Jawa Tengah

REPUTASI MENJANJIKAN

Institut Teknologi Telkom Purwokerto yang diresmikan pada Mei 2002 hingga saat ini telah meraih banyak penghargaan baik Nasional maupun Internasional. Selama 19 tahun berdiri, ITTP dinobatkan sebagai perguruan tinggi yang memiliki akreditasi dengan peringkat "BAIK SEKALI" dari BAN-PT dan telah tersertifikasi ISO 21001-2018.

Institut Teknologi Telkom Purwokerto merupakan perguruan tinggi pertama di Jawa Tengah yang berhasil meraih akreditasi "Baik Sekali” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) di tahun 2019.

Institut Teknologi Telkom Purwokerto resmi tersertifikasi ISO 9001:2015 dan ISO 21001: 2018. Sertifikasi ISO 9001:2015 merupakan sertifikasi terhadap penjaminan mutu organisasi. Sedangkan, ISO 21001: 2018 merupakan standar internasional khusus untuk sistem pendidikan.

Pada tahun 2019, Institut Teknologi Telkom Purwokerto meraih penghargaan sebagai institut terbaik dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) wilayah VI Jawa Tengah (LLDIKTI VI).

Berdasarkan penilaian Webometric Institut Teknologi Telkom Purwokerto dinobatkan sebagai Institut Teknologi No.1 di Jawa Tengah. Hal ini dihitung berdasarkan empat indicator yaitu, 'impact' 2272, 'openness' 5963 dan 'excellent' 1658.

INFOTEL, jurnal Ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Institut Teknologi Telkom Purwokerto mendapat akreditasi Science and Technology Index atau SINTA 2.

KERJASAMA DAN KOLABORASI DALAM DAN LUAR NEGERI

Saat ini Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) memiliki banyak institusi mitra yang terdiri dari perguruan tinggi, institusi pemerintahan, industri, dan organisasi nirlaba baik dalam negeri maupun luar negeri yang terus aktif menjalin berbagai kegiatan kolaborasi. Universitas luar negeri yang bekerjasama dengan ITTP adalah sebagai berikut

  1. Suncheon National University, Korea, Tahun 2015
  2. Catholic University of Daegu, Korea, Tahun 2015
  3. Hanbat National University, Korea, Tahun 2015
  4. Manitoba Institute of Trades and Technology, Canada, Tahun 2016
  5. Industrial Technical Institute, Cambodia, Tahun 2016
  6. Guongdong University of Finance & Economics, China, Tahun 2016
  7. NIIT Antilles Netherlands, Tahun 2016
  8. Shenyang University, China, Tahun 2016
  9. Regional Politechnic (RPITST) – Cambodia, Tahun 2016
  10. Battambang Institute of Technologi – Cambodia, Tohun 2016
  11. Yun Tech Technology University, Taiwan Tahun 2017
  12. Polytechnic University of The Philippines, Tahun 2017
  13. UTKAL University India, Tahun 2017
  14. Human Academy Japan, Tahun 2017
  15. Busan University of Foreign Studies, Tahun 2018
  16. Dong-A University, Tahun 2018
  17. Zhengzhou Sias University, China, Tahun 2019
  18. North China University of Water Resources and Electric Power. Tahun 2019
  19. Sanquan Medical College. China. Tahun 2019
  20. Anyang Normal University, China, Tahun 2019
  21. Henan Communication Vocational Technology College, China, Tahun 2019
  22. Yellow River Conservancy Technical Institute, China, Tahun 2013
  23. Zhengzhou Railway Vocational & Technical, China, Tahun 2019
  24. University Tun Hussein Onn Malaysia. Tahun 2020
  25. HITA ORDO NATURAL FIBER (HONF) Foundation, Tahun 2020

Selain dengan universitas, Institut Teknologi Telkom Purwokerto juga menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan ternama sebagai berikut:

BEASISWA KULIAH BERLIMPAH

Selain prestasi, reputasi dan kerjasama yang menjanjikan, Institut Teknologi Telkom Purwokerto juga sangat memperhatikan keterbatasan biaya Mahasiswa/i melalui pemberian beasiswa yang berlimpah bagi Mahasiswa/i yang kurang mampu dan memiliki prestasi serta tekad yang tinggi untuk berkuliah di Institut Teknologi Telkom Purwokerto. Berikut jenis beasiswa yang disediakan setiap tahunnya oleh ITTP.

  1. Beasiswa Prestasi Akademik
    Merupakan beasiswa yang diperuntukan untuk calon mahasiswa yang memiliki prestasi dibidang akademik seperti: peringkat sekolah, kejuaraan cerdas cermas, osn, nilai tryout, dll.
  2. Beasiswa Prestasi Non Akademik
    Merupakan beasiswa yang diperuntukan untuk calon mahasiswa yang memiliki prestasi dibidang non akademik seperti : juara olahraga, dll.
  3. Beasiswa Anak Pegawai
    Merupakan Beasiswa yg diperuntukan untuk mahasiswa anak pegawai Yayasan Pendidikan Telkom Group
  4. Beasiswa OPES
    Merupakan Beasiswa yang di peruntukan untuk calon mahasiswa alumni dari SMK/SMA Telkom.
  5. Beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) d/h Bidikmisi
    Merupakan Beasiswa di peruntukan untuk mahasiswa yang kurang mampu dalam ekonomi dan mempunyai Kartu Indonesia Pintar (KIP)/Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) sesuai ketentuan pemerintah.
  6. Beasiswa Ngapak
    Beasiswa yang diperuntukkan bagi siswa yang lulus SMA/SMK/MA dari sekolah di wilayah Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Cilacap dan Kebumen yang memiliki peringkat 1 – 20 di sekolah.
  7. Beasiswa Hafidz
    Beasiswa yang diperuntukkan bagi siswa yang lulus SMA/SMK/MA dari sekolah di wilayah Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara, Cilacap dan Kebumen yang memiliki peringkat 1 – 20 di sekolah.