Fakultas & Program Studi

Fakultas Teknik Komunikasi dan Elektro (FTTE)

Profil

Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro (FTTE) berdiri sejak tanggal 21 Agustus 2017 bersamaan dengan perubahannya status Sekolah Tinggi Teknologi Telematika Telkom Purwokerto (ST3 Telkom Purwokerto) menjadi Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP). Pada awal didirikan, FTTE mempunyai 2 program studi unggulan yaitu D3 Teknik Telekomunikasi dan S1 Teknik Telekomunikasi. Namun seiring dengan perkembangan ITTP, bertambah pula program studi yang ada di Fakultas ini. Sehingga pada tahun 2020, FTTE sudah mempunyai 4 program studi.

Visi

Menjadi fakultas yang unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan teknik berbasis telekomunikasi dan elektro serta membentuk insan yang berkarakter.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berbasis pada pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan teknik di bidang telekomunikasi dan elektro yang berkualitas.
  2. Mengembangkan, menyebarluaskan dan memanfaatkan hasil riset ilmu pengetahuan, teknologi, dan teknik di bidang telekomunikasi dan elektro bagi kemaslahatan masyarakat.
  3. Mengembangkan tatakelola guna membentuk karakter yang unggul dan menjalin kerjasama dengan berbagai instansi yang relevan.

Fakultas Informatika (FIF)

Profil

Seiring berkembangnya organisasi IT Telkom Purwokerto pada tanggal 30 Januari 2020, ditetapkan pemekaran Fakultas FTII menjadi 2 Fakultas baru yaitu Fakultas Informatika (FIF) dan Fakultas Rekayasa Industri dan Desain (FRID). Hal ini ditetapkan melalui Surat Keputusan Rektor Institut Teknologi Telkom Purwokerto No. IT Tel 240/SET-000/REK-00/I/2020 tentang Pemekaran Fakultas Teknologi Industri dan Informatika. Adapaun Fakultas Informatika ini memiliki 4 Program Studi yang diantaranya adalah S1 Teknik Informatika, S1 Software Engeneering, S1 Sistem Informasi,dan S1 Sains Data.

Visi

Tahun 2027, Menjadi Fakultas yang berdaya saing nasional, berbudaya dan berperan aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan bidang komputer,desain dan teknologi industri.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan bidang komputer, desain dan teknologi industri berbasis tata kelola organisasi yang baik, sehat, berintegritas,berbudaya dan berstandar internasional.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk menunjang ilmu pengetahuan bidang komputer, desain dan teknologi industri yang diakui secara nasional maupun internasional.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat bidang komputer, desain dan teknologi industri secara aktif berbasis kearifan local.
  4. Menjalin kerjasama dengan institusi nasional ataupun internasional di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Fakultas Rekayasa Industri dan Desain (FRID)

Profil

Fakultas Rekayasa Industri dan Desain (FRID) merupakan salah satu fakultas di Institut Teknologi Telkom Purwokerto yang menekankan pengembangan pendidikan pada sektor industri dan desain. Dua program studi yang ada di FRID, yaitu Desain Komunikasi Visual dan Teknik Industri, pada awalnya merupakan bagian dari Fakultas Teknik Industri dan Informatika (FTII) yang didirikan pada tahun 2017. Sejalan dengan pertumbuhan ITTP, pada tahun 2020 FRID didirikan bersamaan dengan berdirinya Fakultas Informatika.

Visi

Menjadi fakultas berdaya saing internasional dalam bidang sistem industri dan desain berbasis teknologi informasi yang mendukung sektor Healthcare, Agro-Industry, Tourism, Small-Medium Enterprise (HATS).

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang sistem industri dan desain yang berwawasan internasional
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang sistem Industri dan desain yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat yang relevan dan berkelanjutan
  4. Menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah, dunia usaha dan industri serta lembaga lain baik dalam maupun luar negeri untuk menunjang tri dharma pendidikan tinggi