3
Fakultas
11
Program Studi

FAKULTAS

Profil

Fakultas Teknik Telekomunikasi dan Elektro (FTTE) berdiri sejak tanggal 21 Agustus 2017 bersamaan dengan perubahannya status Sekolah Tinggi Teknologi Telematika Telkom Purwokerto (ST3 Telkom Purwokerto) menjadi Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP). Pada awal didirikan, FTTE mempunyai 2 program studi unggulan yaitu D3 Teknik Telekomunikasi dan S1 Teknik Telekomunikasi. Namun seiring dengan perkembangan ITTP, bertambah pula program studi yang ada di Fakultas ini. Sehingga pada tahun 2020, FTTE sudah mempunyai 4 program studi.

Visi

Menjadi fakultas yang unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan teknik berbasis telekomunikasi dan elektro serta membentuk insan yang berkarakter.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berbasis pada pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan teknik  di bidang telekomunikasi dan elektro yang berkualitas.
  2. Mengembangkan, menyebarluaskan dan memanfaatkan hasil riset ilmu pengetahuan, teknologi, dan teknik di bidang telekomunikasi dan elektro bagi kemaslahatan masyarakat.
  3. Mengembangkan tatakelola guna membentuk karakter yang unggul dan menjalin kerjasama dengan berbagai instansi yang relevan.

Profil

Fakultas Informatika (FIF) pada awal berdirinya mempunyai nama Fakultas Teknik Industri dan Informatika (FTII). FTII berdiri bersamaan dengan perubahan bentuk ST3 Telkom menjadi Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) pada tahun 2017. Seiring dengan berkembangnya ITTP, semakin bertambah pula program studi baru yang dibuka dalam rangka menjawab tantangan industri ICT. Sehingga pada tahun 2020, FTII mengalami pemekaran menjadi 2 Fakultas, salah satunya adalah Fakultas Informatika (FIF), yang menekankan pengembangan ilmu dalam bidang Informatika dan Komputer.

.

Visi

Tahun 2027, menjadi Fakultas berdaya saing Internasional, berbudaya dan berperan aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan bidang Informatika dan Komputer untuk mendukung pembangunan nasional berkelanjutan pada bidang Healthcare, Agro-Industry, Tourism, dan Small Medium Enterprise.

Misi

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan yang mengacu pada standar Internasional di bidang Informatika dan Komputer.
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang Informatika dan Komputer dalam rangka mendukung pembangunan nasional terutama pada bidang Healthcare, Agro-industry, Tourism, dan Small-Medium Enterprise (HATS) melalui kegiatan penelitian yang dapat direkognisi di tingkat Internasional.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui pemanfaatan segala sumber daya ilmu pengetahuan dan teknologi bidang Informatika dan Komputer terutama untuk menyelesaikan permasalahan masyarakat.
  4. Menerapkan budaya organisasi yang Feasible, Integrated and Futuristic (FIF) dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Profil

Fakultas Rekayasa Industri dan Desain (FRID) merupakan salah satu fakultas di Institut Teknologi Telkom Purwokerto yang menekankan pengembangan pendidikan pada sektor industri dan desain. Dua program studi yang ada di FRID, yaitu Desain Komunikasi Visual dan Teknik Industri, pada awalnya merupakan bagian dari Fakultas Teknik Industri dan Informatika (FTII) yang didirikan pada tahun 2017. Sejalan dengan pertumbuhan ITTP, pada tahun 2020 FRID didirikan bersamaan dengan berdirinya Fakultas Informatika.

.

Visi

Menjadi fakultas berdaya saing internasional dalam bidang sistem industri dan desain berbasis teknologi informasi yang mendukung sektor Healthcare, Agro-Industry, Tourism, Small-Medium Enterprise (HATS).

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang sistem industri dan desain yang berwawasan internasional
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang sistem Industri dan desain yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat yang relevan dan berkelanjutan
  4. Menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah, dunia usaha dan industri serta lembaga lain baik dalam maupun luar negeri untuk menunjang tri dharma pendidikan tinggi

INFORMASI BEASISWA

Institut Teknologi Telkom Purwokerto memberikan kesempatan bagi mahasiswa baru untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan melalui seleksi program beasiswa sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

One Pipe Education System (OPES) merupakan salah satu bentuk sinergi Lembaga Pendidikan di lingkungan Yayasan Pendidikan Telkom dalam rangka mencapai visi, misi, dan tujuan Yayasan Pendidikan Telkom. Beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke Institut Teknologi Telkom Purwokerto diberikan kepada 5 (lima) lulusan terbaik SMA dan SMK di lingkungan Yayasan Pendidikan Telkom.

Ketentuan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) sebagai penghargaan untuk penerima beasiswa berupa pengurangan Biaya Penyelenggaraan Pendidikan (BPP) sampai dengan semester 6 (enam) untuk program D3 dan semester 8 (delapan) untuk program S1 dengan syarat dan ketentuan yang diatur dalam Surat Keputusan Yayasan Pendidikan Telkom.

Institut Teknologi Telkom Purwokerto memberikan keringanan biaya pendidikan kepada mahasiswa baru berupa :

  1. Pembebasan dari kewajiban biaya UP3 (Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan).
  2. Pembebasan dari kewajiban biaya SDP2 (Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan).
  3. Pembebasan dari kewajiban biaya BPP (Biaya Penyelenggaraan Pendidikan) semester 1 (satu).
  4. Untuk BPP semester 2 (dua) dan semester berikutnya akan dilakukan evaluasi berdasarkan prestasi akademik mahasiswa yaitu berupa Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dengan besaran sebagaimana diatur dalam Surat Keputusan Yayasan Pendidikan Telkom.

Jenis beasiswa ini memberikan keringanan biaya pendidikan kepada mahasiswa baru sebagai berikut :

  1. Pembebasan dari kewajiban biaya UP3 (Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan).
  2. Pembebasan dari kewajiban biaya SDP2 (Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan).

Institut Teknologi Telkom Purwokerto memberikan keringanan biaya pendidikan berupa pembebasan dari kewajiban biaya UP3 (Uang Partisipasi Penyelenggaraan Pendidikan).

Institut Teknologi Telkom Purwokerto memberikan keringanan biaya pendidikan berupa pembebasan dari kewajiban biaya SDP2 (Sumbangan Dana Pengembangan Pendidikan).

Pemberian jenis beasiswa dan kategori siswa-siswi reguler yang dapat diusulkan untuk mendapatkan kategori beasiswa prestasi sekolah dan prestasi akademik diatur melalui Surat Keputusan Rektor Institut Teknologi Telkom Purwokerto.

Pemberian jenis beasiswa dan kategori siswa reguler yang dapat diusulkan untuk mendapatkan kategori beasiswa Hafidz Quran dan Prestasi Non Akademik diatur melalui Surat Keputusan Rektor Institut Teknologi Telkom Purwokerto.

Pemberian jenis beasiswa dan kategori Beasiswa Disabilitas dan atau Dari Daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) dan atau keterbatasan kemampuan orang tua secara ekonomi yang dapat diusulkan untuk mendapatkan beasiswa kategori, Prestasi Akademik, Prestasi Non Akademik dan Hafidz Quran diatur melalui Surat Keputusan Rektor Institut Teknologi Telkom Purwokerto.

Beasiswa Pengembangan Prestasi Akademik (PPA) adalah beasiswa yang diberikan oleh LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah. Beasisawa ini diberikan kepada mahasiswa yang berprestasi dalam bidang akademik dan aktif dalam berbagai kegiatan mahasiswa.

Bantuan beasiswa diberikan kepada karyawan / anak karyawan yang melaksanakan pendidikan pada lembaga pendidikan di lingkungan Telkom Foundation adalah sebagai berikut:

  1.  Karyawan (Tetap, Karyawan Perbantuan / Dipekerjakan, Tegala Kontrak Full Time)
  2. Anak Karyawan

Bantuan beasiswa bagi karyawan ini diberikan baik yang akan melaksanakan pendidikan maupun sedang melaksanakan pendidikan pada jenjang pendidikan tinggi (Higher Education) tanpa melalui perjanjian ikatan dinas antara yang bersangkutan dengan ketua dewan pengurus atau pemimpin lembaga.

Anak karyawan merupakan anak kandung dari karyawan yang bersangkutan.

Open chat