Riset & Teknologi

PENGEMBANGAN RISET ITTP

Memiliki komitmen kuat untuk menjadikan penelitian sebagai salah satu ujung tombak dalam merealisasikan visi ITTP.

Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) melakukan berbagai riset dan kolaborasi penelitian untuk mewujudkan visi ITTP yg berfokus pada pengembangan ilmu pengetahuan berbasis teknologi informasi pada bidang Healthcare, Agro-Industry, Tourism, dan Small Medium Enterprise (HATS).

Dalam pengembangan riset ITTP dipayungi oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM) yang bertugas mengkordinasikan dan mengelola strategi dan kebijakan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program kerja LPPM yang meliputi kegiatan penelitian, pengabdian masyarakat, dan publikasi.

RENCANA INDUK PENELITIAN

Rencana Induk Penelitian (RIP) Institut Teknologi Telkom Purwokerto dilaksanakan sebagai bagian dari rencana strategis IT Telkom Purwokerto secara keseluruhan dan menjadi dasar perencanaan kegiatan penelitian. Program strategis RIP IT Telkom Purwokerto dituangkan dalam rencana riset unggulan yang terdiri dari beberapa bidang penelitian dan disusun secara top – down berdasarkan pada arah kebijakan nasional dan disesuaikan dengan sumber daya yang dimiliki oleh IT Telkom Purwokerto. Implementasi dari bidang riset unggulan yang telah dirumuskan untuk pelaksanaan topik – topik penelitian secara top-down disusun tiga skema penelitian, sebagai berikut :

  1. Riset Dasar, skema bagi penelitian yang masih berada pada taraf kajian, pemetaan, identifikasi yang belum menghasilkan sebuah desain (model) atau produk yang bisa diimplementasikan.
  2. Riset Pengembangan dan Riset Terapan, adalah kategori penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan suatu desain, prototype, model dan produk pada skala laboratorium yang telah siap dikembangkan bersama pihak industri.
  3. Riset Kerjasama Industri, merupakan lanjutan dari riset terapan, dimana desain, prototype, maupun produk yang dikembangkan bersama dengan pihak industri. Khususnya mengenai pengembangan menjadi skala pabrik beserta optimasi teknis dan eknomis yang diperlukan.

ITTP DIVERSITY OF INNOVATION

Egrotek

Egrotek merupakan salah satu Inovasi Unggulan yang dimiliki oleh kampus ITTP. Egrotek menjadi solusi baru dalam pengendalian kelembaban pada kumbung jamur. Perangkat ini memadukan antara otomatisasi Nozzle Sprayer dan teknologi Internet of Things sehingga kelembaban dapat dimonitoring dan real time dari jarak jauh dan pompa Nozle Sprayer dikendalikan dari Cloud (internet).

Selengkapnya

Pak Budi

Pak Budi adalah Aplikasi chat konsultasi pendidikan pertama di Indonesia bagi siswa sekolah berdasarkan hasil tes minat bakat, latihan soal dan rasionalisasi nilainya. Melalui Aplikasi Pak Budi bisa melakukan chat konsultasi pendidikan dengan psikolog/guru/dll, dimana saja dan kapan saja.

Selengkapnya

Daaycomm Tech

Daaycommtech merupakan teknologi monitoring yang diterapkan pada mesin kendaraan bermotor. Fungsinya adalah untuk mengetahui kondisi prima dari mesin kendaraan. Ini bisa dilihat dari segi horse power, ignition (rpm enggine), torque, rpm wheel, air fuel rasio atau konsumsi bahan bakar.

Selengkapnya

ITTP COMMUNITY SERVICE

Various community service development programs involving lecturers, students, and the general public.

Pelatihan

Program pengabdian masyarakat ITTP meliputi pelatihan, lokakarya, dan konsultasi. Program ini bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat dalam memanfaatkan kemajuan teknologi sehingga masyarakat semakin siap dalam menghadapi perubahan di era digital.

Desa Binaan

Desa Binaan merupakan suatu program pembangunan masyarakat dengan memberikan edukasi kepada masyarakat perdesaan dalam mengoptimalisasi sumber daya yang ada (manusia, teknologi, alam). Program desa binaan diantaranya berupa pendampingan Desa Wisata, Desa Digital serta Industri Kreatif dan UMKM.