PRODI TEKNIK INFORMATIKA KEMBALI RAIH AKREDITASI BAIK SEKALI

Belum lama ini, program studi S1 Teknik Informatika Institut Teknologi Telkom Purwokerto mendapat kabar membahagiakan dengan diraihnya kembali akreditasi Baik Sekali dari lembaga sertifikasi LAM INFOKOM (Lembaga Akreditasi Mandiri Informatika dan Komputer). Dibuktikan dengan sertifikat akreditasi nomor 123/SK/LAM-INFOKOM/Ak/S/XII/2022 yang berlaku hingga 5 tahun kedepan.

Sejak terbitnya peraturan Kemendikbud Nomor 5 tahun 2020 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi, akreditasi program studi dilakukan oleh LAM dan BAN-PT hanya melaksanakan akreditasi tingkat perguruan tinggi. Dimana prodi Teknik Informatika masuk ke dalam rumpun ilmu bidang Informatika dan Komputer.

Sebelumnya, prodi Teknik Informatika telah menjalani asessment reakreditasi yang berlangsung selama dua hari pada 5 – 6 Desember 2022. Dalam asessment tersebut bertindak sebagai asessor yaitu Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom dan Husni Teja Sukmana, M.Sc., Ph.D. 

Dalam asessment kemarin, penilaian dilakukan secara komprehensif sesuai dengan 9 standar kriteria yang terdapat dalam borang akreditasi yakni Visi Misi, Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama, Mahasiswa, Sumber Daya Manusia, Keuangan dan Sarana Prasarana, Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Luaran serta Capaian Tridarma. 

Kaprodi Teknik Informatika, Amalia Belladina, M.Cs mengaku cukup puas dengan perolehan akreditasi prodinya. Ia bersama tim dosen dari prodi, mendapatkan support dari fakultas dan institusi dalam mempersiapkan proses reakreditasi ini.

Menurut Utti Marina, Kepala Bagian Satuan Penjaminan Mutu, yang bertugas untuk mengawal terselenggaranya proses akreditasi program studi di IT Telkom Purwokerto, hasil yang diperoleh ini tidak lepas dari kerja keras segenap tim di prodi Teknik Informatika dan unit – unit yang terlibat dalam proses akreditasi. 

Ia juga berharap agar kedepan prodi Teknik Informatika bisa semakin baik dalam pengelolaan program studinya, sehingga bisa mencapai akreditasi Unggul di masa mendatang. (SVM)

Komentar

Maaf, Anda tidak bisa menulis komentar di post ini

Baca Berita terkait