UKM Silat Merpati Putih ITTP Berjaya di Kejuaraan Internasional Pakubumi 2023

Pencak silat Pakubumi

UKM silat Merpati Putih kembali mengukir prestasi di Kejuaraan Internasional Pakubumi. Ajang Pencak Silat Internasional Pakubumi Open Championship 2023 merupakan perlombaan yang diselenggarakan oleh perguruan pencak silat Pakubumi dibawah naungan IPSI Jawa Barat. Berlangsung pada 2-5 Maret 2023 di GOR Futsal Jatinangor Sumedang.

Kejuaran tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ke 11 kalinya. Serta menjadi perlombaan yang cukup bergengsi karena diikuti oleh semua perguruan pencak silat.

UKM Silat Merpati Putih

Pada ajang kali ini, UKM Merpati Putih mengirimkan 8 atlet untuk bertanding dan semuanya memperoleh medali. 3 diantaranya mendapatkan medali emas dan 5 orang medali perak. Baca Juga : Prestasi mahasiswa di Gerilya Festival

Dalam mempersiapkan lomba, UKM Merpati Putih memberika latihan tambahan yang sudah dijalankan mulai awal Desember 2022.

“Awalnya kita latihan setiap hari selasa dan kamis, kita tambah 1 minggu jadi 4 kali ditambah dengan latihan mandiri di rumah masing-masing. Karena kejuaraan internasional pasti sulit, pesertanya mencapai ribuan dan dari berbagai negara turut ikut serta jadi kami harus fokus berlatih” ujar Muji selaku Ketua UKM Merpati Putih.

silat merpati putih
Altet IT Telkom Purwokerto saat bertanding pada ajang Pakubumi.

Muji mengingatkan kepada timnya untuk konsumsi makanan yang bergizi, tidak boleh merokok, dan begadang karena fisiknya akan terganggu.

Dalam memonitoring dan memantau kondisi tim yang akan bertanding, UKM Merpati Putih melakukan evaluasi untuk setiap atlet. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kekurangannya, sehingga bisa diperbaiki kekurangan tersebut.

“Kami berangkat tanggal 2 maret, pertandingan untuk kategori dewasa dilaksanakan tanggal 3, dan itu benar benar menguras tenaga karena kami harus bertanding di 1 hari itu. Bisa dibayangkan capeknya seperti apa, tapi kami tidak patah semangat dan terus berjuang” ujar Muji.

Sebagai ketua UKM Merpati Putih, Muji sangat bersyukur atas pencapaian prestasi UKM Merpati Putih dan mengucapkan terimakasih untuk IT Telkom yang sudah mendukung. Tidak ketinggalan untuk pelatih yang sudah turut membantu dan memantau perkembangan UKM Merpati Putih.

“Latihan yang rutin itu membuahkan hasil, walaupun tidak semua dapat juara 1. Kami memang selalu menargetkan atlet kami minimal harus juara 3, jika tidak mendapat juara tentu saja kita berikan hadiah tambahan berupa latihan khusus.”

Dari pertandingan kemarin, Muji bersama UKM Merpati Putih tidak patah semangat dan akan melakukan evaluasi.

“Semoga di kejuaraan berikutnya kami dapat memborong medali emas dan mengharumkan nama IT Telkom Purwokerto” tutup Muji.

Referensi :

Pencak Silat Pakubumi

IPSI Jawa Barat

Komentar

Maaf, Anda tidak bisa menulis komentar di post ini

Baca Berita terkait