ITTELKOM-PWT.AC.ID – Kampus Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) meraih akreditasi “Baik Sekali” dari Badan Akeditasi Nasional Perguruan Tinggi (PT), setelah dikeluarkannya Surat Keputusan BAN-PT No.437/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2019, belum lama ini (10/12).


Akreditasi adalah kegiatan dalam menilai berdasarkan pada kriteria yang sudah disesuaikan berdasarkan pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Tujuan dari dilakukannya akreditasi salah satunya untuk menilai kelayakan dan mutu perguruan tinggi baik dari bidang akademik maupun non akademik.
BAN-PT setelah diterapkannya Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti) 2015 saat ini menggunakan sembilan standar kriteria yang harus dimiliki oleh setiap perguruan tinggi. Sembilan standar kriteria tersebut terdiri dari (1) Visi, misi, tujuan, dan strategi, (2) Tata Pamong, Tata Kelola dan Kerjasama, (3) Mahasiswa, (4) Sumber Daya Manusia, (5) Keuangan, Sarana, dan Prasarana, (6) Pendidikan, (7) Penelitian, (8) Pengabdian kepada Masyarakat, dan (9) Luaran dan Capaian Tridharma. Kesembilan standar kriteria baru tersebut harus terpenuhi oleh setiap perguruan tinggi yang mengajukan proses akreditasi. Saat ini baru 7 Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia yang sudah melakukan asessmen akreditasi dengan menggunakan sembilan standar kriteria tersebut, salah satunya kampus Institut Teknologi Telkom Purwokerto. Ribuan perguruan tinggi lainnya masih menggunakan hasil akreditasi 7 standar yang lama.

Tim Akreditasi berfoto bersama pada saat asessmen akreditasi BAN PT

“Pastinya kami sangat bersyukur atas pencapaian yang telah diraih oleh Institusi. Terlebih, Institut Teknologi Telkom Purwokerto menjadi pergururuan tinggi pertama di Jawa Tengah yang mendapatkan status BAIK SEKALI. Ini menjadi kabar baik untuk menutup tahun ini ,dan pastinya menjadi semangat baru bagi seluruh sivitas akademika Institut Teknologi Telkom Purwokerto untuk terus berkarya dan berinovasi dalam meningkatkan mutu pendidikan kami,” ungkap Rektor IT Telkom Purwokerto Dr. Ali Rokhman M.Si.

ITTP juga telah menetapkan visi kampus yang terbaru yaitu Healthcare, Agro-Industry, Tourism, Small Medium Enterprise atau disingkat menjadi “Hats”. Visi ini menjadi indikator dalam membangun kebersamaan dengan lingkungan sekitar, berkembang secara bersama-sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *