Mahasiswa IT Telkom Raih Medali Perunggu dan Perak Dalam Olimpiade Sains Tingkat Nasional

Arda Sanjaya, mahasiswa program studi S1 Teknik Elektro mewakili Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) berhasil mendapatkan medali perunggu di tingkat Provinsi dan medali perak di tingkat Nasional dalam ajang Olimpiade Sains Jenius Indonesia yang diadakan pada tanggal 29 Juli dan 31 Juli 2023.

Arda berhasil lolos ke tingkat Nasional setelah meraih medali Perunggu dalam olimpiade di tingkat Provinsi. Hasil pengumuman yang dikeluarkan belum lama ini menyatakan bahwa Arda membawa kedua medali tersebut.

Total peserta olimpiade tingkat Provinsi mencapai sekitar 1800 peserta dan hanya 150 peserta yang berhasil lolos ke tingkat Nasional termasuk Arda. Dengan tekad dan persiapan diri yang matang, Arda berhasil membuktikan kemampuannya menjadi salah satu dari peserta yang melaju hingga tingkat Nasional mewakili ITTP.

Sejak SMA, Arda sering kali ditunjuk sebagai perwakilan sekolah untuk berkompetisi dalam berbagai olimpiade, termasuk dalam bidang Fisika dan Ekonomi. Kali ini dia membuktikan melalui kategori Sains, dengan ditambah kemampuan bahasa Inggris yang baik, Arda dapat melalui olimpiade tersebut dengan mudah.

Arda menyatakan bahwa ia memutuskan untuk mengikuti Olimpiade Sains Jenius Indonesia, saat ia menemukan ajang tersebut melalui platform media sosial, Instagram. 

Arda mendaftarkan dirinya pada olimpiade tersebut untuk mengisi waktu luang selama berlibur. Selama kuliah, Arda baru kali ini mengikuti olimpiade dan langsung mendapatkan dua medali.

“Bagi saya, Olimpiade ini adalah pembuktian bahwa sebenarnya bisa dihadapi dengan mudah walaupun menggunakan bahasa inggris” ujar Arda.

Ia juga memberikan tips untuk mengikuti kompetisi olimpiade yaitu dengan aktif mencari informasi, kemudian memilih olimpiade yang sudah menjadi bidang passion diri sendiri dan terakhir tak lupa untuk selalu berdoa.

“Try it and you will love it, crave it for more” pesan Arda penuh semangat.

Editor :

Silvia VM.

Komentar

Maaf, Anda tidak bisa menulis komentar di post ini

Baca Berita terkait