Pelepasan PMM 4: “Harmoni dalam Perbedaan, Merdeka dalam Kreativitas”

Pada tanggal 25 Juni 2024, acara pelepasan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) ke-4 diselenggarakan di Gedung Rektorat lantai 5 IT Telkom Purwokerto (ITTP). Acara ini dihadiri oleh 38 peserta PMM yang datang dengan mengenakan pakaian daerah dari Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera. Tema acara ini adalah “Harmoni dalam perbedaan, merdeka dalam kreativitas.”

Rektor ITTP, Tenia Wahyuningrum S.Kom., M.T, hadir bersama dengan Dr. Achmad Sultoni, S.Pd., M.Pd. selaku Koordinator PMM, serta dosen Modul Nusantara, M. Lukman Leksono S.Pd., M.Pd dan Riyatno S.S., M.Hum. Dalam sambutannya, Tenia Wahyuningrum menyatakan, “Indonesia memiliki budaya yang beragam. Setelah program ini, diharapkan peserta dapat mengembangkan softskill dan memiliki kenangan indah. Terima kasih telah memilih ITTP sebagai kampus pertukaran. Semoga pengalaman ini menjadi pijakan di masa yang akan datang dan tetap mencintai tanah air.”

 Ketua Pelaksana Pelepasan PMM ITTP, Muhammad Fazri, juga menyampaikan terima kasih kepada civitas akademika ITTP yang telah memberikan pembelajaran kepada para peserta PMM selama satu semester. Ahmad Sulthoni, selaku Koordinator PMM, dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada pimpinan akademik yang telah mendukung PMM. Ia juga menyampaikan permohonan maaf jika masih ada kekurangan dalam program ini. “36 mahasiswa PMM telah melaksanakan kegiatan pada Modul Nusantara dengan baik dan benar hingga selesai. Semoga pengalaman tersebut dapat bermanfaat bagi mahasiswa PMM,” ucapnya.

Sulthoni berpesan kepada para peserta untuk tetap semangat belajar, mencapai cita-cita, dan menjadi mahasiswa yang harmoni dalam perbedaan serta merdeka dalam kreativitas. Pelepasan ini bertujuan sebagai simbolis bahwa program PMM telah selesai dilaksanakan serta agar mahasiswa PMM dapat menjadikan ITTP tempat yang berkesan serta memberikan manfaat di masa depan selama satu semester lamanya.

Salah satu mahasiswa PMM asal Makassar, Khatam Khitami, juga berbagi pesan dan kesan selama mengikuti program. Ia mengatakan bahwa pengalaman selama menjadi peserta PMM sangat luar biasa dan penuh kenangan. “Kami bersyukur dan berterima kasih kepada IT Telkom Purwokerto. Kami disatukan dalam perbedaan, rasanya sedih dan haru karena bisa menyelesaikan program dengan baik pada Modul Nusantara. Saya harap ini bukan pertemuan terakhir dan kita bisa bertemu di versi yang terbaik,” ujarnya. 

Sebagai simbolis pelepasan, dilakukan pelepasan jas atau almamater ITTP yang diwakili oleh Rinistin Dachi dan Devon Dirgahayu Mangopang. Acara ini ditutup dengan jargon “Bertukar Sementara, Bermakna Selamanya.”

Penulis : Nabilah

Komentar

Maaf, Anda tidak bisa menulis komentar di post ini

Baca Berita terkait