IT Telkom Purwokerto Perluas Kerjasama Internasional Dengan Kunjungan Ke Thailand

Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) terus memperkuat jaringan kerjasama internasionalnya dengan melakukan kunjungan resmi ke Thailand. Kunjungan ini bertujuan untuk menginisiasi kerja sama dengan beberapa institusi pendidikan tinggi di Thailand terutama dalam bidang riset dan pendidikan.

Rektor IT Telkom Purwokerto, Dr. Tenia Wahyuningrum, S.Kom., M.T bersama dengan kepala urusan Kantor Urusan Internasional (KUI), Adanti Wido Paramadini, S.T., M.Eng melakukan kunjungan pada tanggal 22-26 Juli 2024. Selama itu kunjungan dilakukan ketiga perguruan tinggi, diantaranya Rajamangala University of Technology Krungthep (RMUTK), Mahidol University, dan Suranaree University of Technology (SUT).

Adapun pengabdian kepada masyarakat internasional yang dilakukan sebagai bentuk kerja sama dalam penerapan prinsip Tri Dharma Perguruan Tinggi. Hal tersebut dilakukan di Sekolah Indonesia Bangkok (SIB) dengan tema “How to Create Animation Video for Education” dan “How to Build an Application Prototype Only for 5 Days”.

Kunjungan kerjasama ke Thailand ini membuka banyak peluang bagi para civitas akademik di IT Telkom Purwokerto. “Banyak sekali yang dapat di exchange, seperti informasi pertukaran mahasiswa atau dosen dan bahkan kesempatan untuk program KKN di SIB” ujar Adanti.

Salah satu agenda utama pada kunjungan ini adalah mendatangi Rajamangala University of Technology Krungthep (RMUTK), dimana ITTP sudah menjalin kerja sama sebelumnya. Hal terpenting dalam proses kesepakatan MoU adalah dengan menginisiasi implementasi, sehingga itu berlaku juga pada Mahidol University, dan Suranaree University of Technology (SUT).

Menurut Adanti, program internasionalisasi harus dirasakan oleh semua unit di ITTP, tidak hanya pada level institusi saja. Sehingga pada kesempatan ini terdapat kunjungan kerja sama dengan beberapa program studi, diantaranya Teknik Telekomunikasi, Teknik Elektro, Teknik Biomedis, dan Computer Science.

“Sekarang sudah mulai bergerak dari fakultas lalu ke prodi, dan MoU juga harus disertai dengan implementasi. Sehingga secara bertahap internasionalisasi akan merata ke semua unit” terangnya.

Selain memperkuat kerjasama akademik, ITTP berkesempatan untuk mengenal budaya Thailand dengan mengikuti upacara Wai Kru di RMUTK. Selain itu, Tenia sebagai rektor ITTP juga membacakan pidato untuk menyambut mahasiswa S2 dan S3 di RMUTK yang disambut dengan antusias oleh mahasiswa dan dosen disana.

filter: 0; fileterIntensity: 0.0; filterMask: 0; brp_mask:0; brp_del_th:null; brp_del_sen:null; delta:null; module: photo;hw-remosaic: false;touch: (-1.0, -1.0);sceneMode: 8;cct_value: 0;AI_Scene: (-1, -1);aec_lux: 0.0;aec_lux_index: 0;albedo: ;confidence: ;motionLevel: -1;weatherinfo: null;temperature: 29;

Kunjungan ini diharapkan dapat meningkatkan hubungan yang lebih erat antara ITTP dengan institusi-institusi di Thailand. Mengingat sebentar lagi akan bergabung dengan Telkom University, diharapkan bisa membuka peluang lebih banyak lagi untuk melakukan kerjasama internasional dengan negara lain khususnya di Asia Tenggara.

Penulis : Shafa

Komentar

Maaf, Anda tidak bisa menulis komentar di post ini

Baca Berita terkait