Prestasi Gemilang! Askara Creative Lab ITTP Sabet Beragam Penghargaan di Festival Film Banyumas 2024

Dua film garapan Klub Gawesiki Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) berhasil meraih lima penghargaan di Festival Film Banyumas 2024 yang diadakan pada 4 Agustus 2024. Festival ini adalah bagian dari rangkaian kegiatan Banyumas Aesthetic Soetedja 2024 yang bertujuan mengapresiasi dan memberikan penghargaan kepada para sineas film dari Banyumas Raya, sekaligus menjadi ajang menampilkan karya-karya film lokal.

ITTP diwakili oleh Klub Gawesiki, bagian dari Askara Creative Lab milik Fakultas Rekayasa Industri dan Desain, yang diketuai oleh Qudus dari Divisi Film, dengan Akhsan sebagai ketua Askara Creative Lab. Klub Gawesiki dibimbing oleh Dosen DKV, Gusnita Linda, S.Sn., M.Hum., dan memiliki empat anggota inti, namun sering melibatkan kru tambahan dalam setiap produksi.

Keikutsertaan dalam festival ini didasari keinginan agar klub lebih dikenal publik, meningkatkan reputasi, dan mendapatkan umpan balik dari penonton. Klub ini berharap penonton dapat memberikan kritik dan masukan yang berharga terhadap film-film mereka.

Dua film yang dikirimkan, “Notifikasi” dan “Terbenam”, masing-masing melalui proses praproduksi, produksi, dan pasca produksi yang memakan waktu sekitar dua bulan. Produksi kedua film ini berlangsung selama dua hari. Beberapa tantangan yang dihadapi termasuk keterbatasan dana, serta faktor lokasi dan cuaca yang mempengaruhi proses syuting.

Meskipun menghadapi berbagai kendala, Klub Gawesiki berhasil membawa pulang lima nominasi: Film Terbaik, Pemeran Terbaik, Sinematografi Terbaik, dan Sutradara Terbaik untuk film “Notifikasi”, serta Pemeran Wanita Terbaik untuk film “Terbenam”.

“Kami tentu saja terkejut dan senang sekali karena awalnya kami tidak berharap untuk memenangkan nominasi tersebut bahkan hingga lima nominasi. Tapi perjuangan yang kami lakukan dalam pembuatan film ternyata membuahkan hasil yang memuaskan,” ujar Akhsan.

Akhsan juga menyampaikan harapannya untuk kompetisi mendatang. “Harapan kami untuk lomba-lomba yang akan datang adalah agar film-film dari komunitas Klub Gawesiki dapat kembali memenangi nominasi di festival film lainnya dan dapat menginspirasi komunitas lain untuk terus berkarya.”

Komentar

Maaf, Anda tidak bisa menulis komentar di post ini

Baca Berita terkait