Aktif Berprestasi, Dosen IT Telkom Purwokerto Diundang Sebagai Pembicara Nasional

Dalam rangka upaya peningkatan kompetensi dan perluasan kerja di bidang komunikasi dan informatika, Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi, Badan Litbang SDM, Kementerian dan Informatika mengadakan acara “Bimbingan Teknis dan Sertifikasi Berbasis Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Kominfo Bagi Angkatan Kerja Muda, Skema Perekayasa Pengoperasian dan Pemeliharaan Radio Access Network (RAN). 

Pelatihan yang diadakan selama 2 (dua) hari, yaitu pada 12 – 14 September 2022 di The Jayakarta Suites Komodo Flores, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Barat ini mengundang empat ahli dibidang terkait untuk menjadi pembicara, salah satunya adalah Dr. Alfin Hikmaturokhman, S.T., M.T, dosen Fakultas Teknik Telekomunikasi IT Telkom Purwokerto. 

Dokumentasi saat foto bersama di The Jayakarta Suites Komodo Flores, Labuan Bajo, NTB

Materi yang disampaikannya berupa : Dasar-dasar Telkomunikasi Seluler Pengajar, Dasar – dasar Radio Access Network, Lanjutan Dasar-dasar Radio Access Network, Mengelola Common Monitoring NodeB, Operasi dan Pemeliharaan Konfigurasi Dasar Peralatan pada Komunikasi Berbasis IP, Troubleshooting kegagalan transmisi pada BTS. 

Tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan pelatihan berupa transfer knowledge yang ditujukan kepada masyarakat lokal yang berada di wilayah lokasi pekerjaan pembangunan BTS 4G di Indonesia. 

Saat ditanyai tentang antusiasme para peserta pelatihan, Ia mengatakan bahwa mereka tampak sangat antusias mengikuti rangkaian acara agar output yang diharapkan dapat tercapai. 

Dokumentasi saat Alfin menjadi pembicara di Pontianak

“Sangat antusias sekali, karena beberapa peserta terpilih nantinya akan dapat bekerja langsung di lokasi bts yang akan dibangun di wilayah tersebut..”

Output dari pelatihan ini untuk mendapatkan tenaga – tenaga potensial yang akan dipekerjakan di lokasi site BTS 4G yang berasal dari komunitas masyarakat yang tinggal dekat dengan site-site yang akan dibangun.” ungkap Alfin. 

Ini merupakan kesempatan kedua, setelah sebelumnya juga menjadi pembicara acara serupa di Pontianak sekitar bulan Juni yang lalu. 

“Kegiatan ini dihadiri oleh 50 orang peserta, berasal dari Kabupaten Manggarai, Manggarai Barat, dan Manggarai Timur. Ketiga wilayah ini termasuk ke dalam prioritas BAKTI (Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi) dalam rencana pembangunan Base Transceiver Station (BTS).” tambahnya. (ITW)

Komentar

Maaf, Anda tidak bisa menulis komentar di post ini

Baca Berita terkait